Breaking News:

BPK: 351 Nagori di Simalungun Belum Laporkan Penggunaan Dana Desa

Laporan pertanggungjawaban kepala desa (Pangulu Nagori) dalam menggunakan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa baru sekitar 15 persen.

TRIBUN MEDAN/HO
KANTOR Bupati Simalungun di Pematang Raya. 

TRI BUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatra Utara menyebutkan rendahnya kesadaran sejumlah kepala desa/nagori melaporkan penggunaan dana desa.

Hal itu dimuat BPK dalam LHPNo.59.C/LHP/XVIII.MDN/06/2020, yang diterbitkan pada tanggal 25 Juni 2020 lalu.

Menurut BPK Perwakilan Sumut dalam salinannya, laporan pertanggungjawaban kepala desa (Pangulu Nagori) dalam menggunakan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa baru sekitar 15 persen.

Dari 32 Kecamatan di Simalungun, ada 351 Nagori (Setingkat Desa) yang belum melengkapi laporan penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2019 yang totalnya mencapai Rp 261 miliar lebih.

Di kecamatan Gunung Maligas terdapat sembilan Nagori yang belum mempertanggungjawabkan Dana Desa, di antaranya Nagori Silau Bayu, Karang Anyer, Karang Rejo, Karang Sari, Tumorang, Rabuhit, Hutadipar, Gajing Jaya, Bandar Malela.

Camat Gunung Maligas Jurist Lushaben Saragih, mengakui ada masalah dalam pelaporan pertanggungjawaban itu.

Warga Desa Sihorbo di Dairi Ribut Masalah BLT Dana Desa

"Awal-awal laporan, Surat Pertanggungjawaban (SPj) Nagori di bawah kita baik-baik saja. Namun memasuki masa Pandemo Covid-19, banyak hal yang harus dikoreksi dan aturan ke sana sini," ujar Lushaben dari panggilan telepon, Senin (13/7/2029).

Ia meyakini pengelolaan keuangan para pengulu nagori sudah tepat. '

Sejumlah fisik bangunan juga sudah dipantau. Hanya saja tinggal direkap dalam surat pertanggungjawabannya lantaran dalam beberapa hal terjadi refocussing anggaran.

Dari 161 Desa di Dairi, Baru 27 yang Cair Dana Desa

Ia juga menyampaikan, bahwa ada kendala komunikasi dengan Pengulu Nagori. Katanya, aturan di masa Pandemo Covid-19 saat itu ada larangan bepergian

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved