Breaking News:

Gereja dan Rumah Warga Masih Tertimbun Material Longsor, Kades: Masih Butuh Alat Berat

Sejumlah warga Parapat masih disibukkan kegiatan pembersihan material pascalongsornya perbukitan Desa Sualan Nagori Sibaganding

TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Kondisi gereja di Desa Sualan Kecamatan Girsang Simpangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Senin (13/7/2020) pascalongsor. 

TRI BUN-MEDAN.COM, PARAPAT - Sejumlah warga Parapat masih disibukkan kegiatan pembersihan material pascalongsornya perbukitan Desa Sualan Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Simpangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Kepala desa setempat, Martno Wandi Bakkara, mengatakan, pihaknya berupaya membersihkan timbunan material berupa bongkahan batu dan lumpur yang menutupi Gereja HKBP Sualan serta 3 rumah warga yang rusak parah.

"Hari ini kita masih terus berupaya membersihkan material pasca longsor Sabtu lalu," ujarnya, Senin (13/7/2020).

Memang, pascalongsor Sabtu lalu, kendaraan sudah lancar melintas di dua jalur. Baik dari arah Siantar menuju Kota Parapat, maupun sebaliknya dari arah Balige menuju Pematangsiantar via Parapat.

Pada hari ketiga ini, kata Wandi, masih banyak material yang harus dituntaskan.

Alat berat perusahaan swasta mitra Balai Jalan Naaional sebenarnya sudah dikerahkan, namun hanya untuk membersihkan dua sisi badan jalan dari material longsor.

"Kalau hari ini diturunkan juga alat dari Balai Jalan Nasional, tapi alatnya sudah dipulangkan karena tadi hanya mengurus pembersihan badan jalan saja," ujarnya.

Sementara gereja dan 3 rumah warga sampai saat ini masih tertimbun material longsor.

Pihaknya masih menunggu alat berat atau dump truck PUPR Kabupaten Simalungun untuk mengangkut material yang menimbun gereja dan rumah warga.

"Sedangkan material yang di atas memang harus dievakuasi dan masih menunggu siapa saja yang mau mengambil. Dua unit mobil kebersihan kecamatan yang dikerahkan semalam juga belum mampu mengangkut material yang tersisa," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved