Breaking News:

Rapat Paripurna Kabupaten Langkat Bahas 7 Rancangan Peraturan Daerah

Tiga usulan Ranperda berasal dari Pemkab Langkat, dan empat lainnya merupakan inisiatif DPRD Langkat.

DOK. Humas Pemerintah Kabupaten Langkat
Rapat Paripurna Kabupaten Langkat, di Gedung DPRD Langkat, Senin (13/7/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Rapat Paripurna Kabupaten Langkat yang berlangsung di Gedung DPRD Langkat, Senin (13/7/2020), membahas tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda).

Ketua DPRD Langkat sekaligus pimpinan Rapat Paripurna Surialam mengatakan, dari ketujuh Ranperda, tiga usulan berasal dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, dan empat lainnya merupakan inisiatif DPRD Langkat.

Pada kesempatan tersebut, tiga usulan Ranperda Pemkab Langkat disampaikan oleh Bupati Langkat Terbit Rencana PA.

Terbit mengatakan, usulan Ranperda pertama mengatur perubahan Perda Nomor 15 Tahun 2013, tentang  Pencegahan dan Penggulangan terhadap Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, Sikotropika, dan Zat Adiktif.

Adapun perubahan yang dimaksud adalah persayaratan tes urine saat penerimaan CPNS di lingkungan Pemkab Langkat dan penerimaan calon karyawan di tempat usaha Langkat.

Kedua, Ranperda yang mengatur perubahan kedua Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum, yaitu perubahan penggunaan bukti lulus uji berkala kendaraan bermotor.

“Berubah menjadi kartu uji berupa kartu pintar, dengan menggunakan perangkat aplikasi yang terintegrasi dengan Kementrian Perhubungan,” kata Terbit, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Ketiga, Terbit menjelaskan Ranperda yang mengatur perubahan Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Langkat.

“Ranperda ini di luar Propemperda 2020 yang telah ditetapkan sebelumnya,” kata Terbit.

Sementara itu, empat Ranperda inisiatif DPRD Langkat meliputi Ranperda tentang Ketahanan Keluarga, Kabupaten Layak Anak, Pengelolaan Wisata Mangrove, dan Ruang Terbuka Hijau.

Halaman
12
Tags
Langkat
Penulis: Inadha Rahma Nidya
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved