Breaking News:

24 Petugas PPDP di Siantar Pilih Undur Diri karena Takut Rapid Test

Sejumlah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mengundurkan diri lantaran takut mengikuti rapid test Covid-19.

Tribun-Medan.com/Alija Magribi
Sejumlah PPDP melaksanakan bimbingan teknis oleh KPUD Pematangsiantar sebelum bertugas pada Rabu (15/7/2020) besok. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRI BUN-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pematangsiantar menyampaikan adanya Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang mengundurkan diri, lantaran takut mengikuti rapid test Covid-19.

Jumlah PPDP yang memilih mundur mencapai 24 orang.

Divisi Sosialisasi dan SDP KPUD Pematangsiantar Nurbayah Siregar menyampaikan, program Rapid Test adalah hal yang wajib dilaksanakan dan merupakan instruksi dari KPU RI.

"Tanggal 9-12 Juli 2020, kita mulai melaksanakan Rapid Test. Selama itu, ada 24 orang yang mengundurkan diri, dengan alasan takut," ujar Nurbayah.

KPUD Pematangsiantar kemudian mengambil langkah cepat agar mencari pengganti PPDP dari usul nama oleh Petugas Pemungutan Suara (PPS) masing-masing.

"Jadi selanjutnya, kita minta nama dari PPS untuk mencari pengganti PPDP dengan syarat mau dirapid dulu. PPS mengajukan nama, kita periksa berkas. Baru kita tetapkan," ujarnya.

Pada Pilkada serentak Desember 2020 mendatang, KPUD Pematangsiantar membimbing 545 orang PPDP dengan honor per bulan, masing-masing menerima Rp 800 ribu.

Ketua KPUD Pematangsiantar Daniel Sibarani menyampaikan pelaksanaan Rapid Test adalah instruksi KPU RI yang mana memerintahkan KPUD agar berkordinasi kepada Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas di daerah.

Dalam pelaksanaannya, KPUD Pematangsiantar melakukan Rapid Test di Rumkit TNI dengan izin Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar

"Selain itu, setiap rapat kita harus melapor ke Dinkes dan Gugus Tugas. Kita harus memeriksa rutin kesehatan PPS dan KPPS selama menjalani tahapan Pilkada. Kita melaksanakan cek suhu badan dan instruksi supaya melaksanakan cek kesehatan," tutup Daniel.

(tribun-medan.com/Alija Magribi)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved