Breaking News:

Genjot PAD dan Cegah Penyimpangan Anggaran, Bupati Dairi Ingin Tiru Wali Kota Tarakan

Salah satu potensi pemasukan kas Tarakan, yaitu retribusi parkir. Sebelumnya, butuh setahun bagi sektor parkir untuk mencapai target.

Penulis: Dohu Lase
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
BUPATI Dairi, Eddy Berutu berkomunikasi dengan Walikota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara via konferensi video, Kamis (16/7/2020). 

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Bupati Dairi, Eddy Berutu, ingin mencontoh langkah Wali Kota Tarakan, dr Khairul MKes, yang menggalakkan metode nontunai pada seluruh lini transaksi pemda.

Sebab, langkah itu, menurut Khairul, sukses menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tarakan, serta mencegah penyelewengan kas daerah. Sebagai informasi, Tarakan adalah kota madya di Provinsi Kalimantan Utara.

"Melalui elektronifikasi transaksi pemda, kita lebih nyaman, Pak. Kita bisa ikuti transaksi keuangan setiap saat. Manajemen belanja juga bisa kita atur," kata Khairul kepada Eddy lewat konferensi video bersama Kantor Perwakilan BI Sumut dan Kalimantan Utara, Kamis (16/7/2020).

Hari itu, Khairul berbagi pengalaman dengan Eddy. Kantor Perwakilan BI Kalimantan Utara yang menggandeng Khairul untuk mempengaruhi Eddy Berutu, agar turut mendukung program elektronifikasi transaksi di lingkungan Pemkab Dairi.

Gegara Covid-19, Lima Proyek Jalan dari DAK di Dairi Batal Tahun Ini

Khairul pun mencontohkan, salah satu potensi pemasukan kas Tarakan, yaitu retribusi parkir. Sebelumnya, butuh setahun bagi sektor parkir untuk mencapai target.

Setelah menggunakan metode elektronik alias nontunai, target pemasukan setahun dari sektor parkir mampu tercapai dalam kurun waktu tak sampai tiga bulan.

Mendengar itu, Eddy Berutu antusias menerapkannya di lingkungan Pemkab Dairi.

"Saya akan ambil contoh komitmen Walikota Tarakan, yang mana menjadikan PAD sebagai drive-nya," kata Eddy kepada kepala-kepala OPD dan BUMD Dairi yang ikut hadir saat itu.

Selain SMA/Sederajat, Siswa di Dairi Belajar Daring di Tahun Ajaran Baru

Eddy yakin, kerja sama dengan BI terkait pemanfaatan sistem pembayaran elektronik pada setiap transaksi di lingkungan Pemkab Dairi mampu mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah, yang mana merupakan modal bagi Kabupaten Dairi untuk menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan daerah. (cr16/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved