Breaking News:

Pagelaran Virtual Kian Populer Saat Pandemi, Bengkel Monolog Gelar Monolog Tanpa Penonton

Kegiatan virtual ini dilakukan untuk membangkitkan kembali semangat untuk melakukan seni peran.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI artis monolog saat penampilan beberapa waktu lalu di Taman Budaya Sumut beberapa waktu lalu sebelum pandemi. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Pandemi tidak membatasi untuk berkarya.

Prinsip ini yang diterapkan Komunitas Bengkel Monolog yang akhirnya kembali berkreativitas setelah vakum beberapa bulan saat pandemi ini.

Bengkel Monolog akan segera melakukan penampilan monolog.

Namun berbeda dengan melibatkan penonton, komunitas sastra ini akan dilakukan secara streaming melalui media aplikasi facebook.

Pendiri Bengkel Monolog, Porman Manalu mengungkapkan, kegiatan virtual ini dilakukan untuk membangkitkan kembali semangat untuk melakukan seni peran.

"Ya, kita ada kegiatan virtual. Kita lakukan drama monolog secara streaming melalui Facebook. Sudah lama kita tidak melakukan penampilan. Kita beralih ke virtual karena masih aman ya tidak akan membuat kerumunan juga. Walau pandemi ini kita pastinya tetap berkarya," ungkap Porman, Minggu (19/7/2020).

2 Artis Ini Berencana Pentaskan Teater Setelah Virus Corona Hilang dari Negeri Ini

Penampilan monolog ini akan ditayangkan melalui Facebook pada 24 Juli mendatang. Namun untuk penggarapan dilaksanakan pada Minggu (19/7/2020) ini.

Porman menuturkan bahwa untuk penampilan perdana ini, Bengkel Monolog mengundang Bob Anggara dari Teater Iqro untuk menjadi bintang tamu untuk menampilkan satu buah monolog berjudul Tukang Obat karya Bunda Djibril.

Bob menyambut positif kegiatan ini dengan melaksanakan secara virtual. Baginya, kondisi teater di Sumut mati sementara selama pandemi.

"Teater selama pandemi ini mati atau tidak bisa berjalan seperti biasa karena tidak ada pertemuan biologis antara pemain dan penonton," ungkap Bob.

Bob yang baru pertama kali melakukan penampilan lewat virtual tanpa penonton ini juga turut merasa gugup.

"Kalau bagi saya ini jadi sesuatu yang baru karena sebelumnya bermain monolog dengan tidak ada penonton tapi berfokus ke kamera itu membuat agak canggung dan menantang. Persiapannya pementasan ini ya sama seperti pada umumnya, jadi untuk latihan dari bulan Juni sekitaran dua bulan," kata Bob.

Aktor Monolog Senior Burhan Folka Tampil di Pementasan Monolog Keok

Tambahnya, Bob berharap kegiatan monolog secara virtual ini turut mendapat tanggapan dan sambutan positif dari masyarakat untuk dapat membangkitkan semangat berkreativitas.

"Mudah-mudahan garapan secara virtual ini bisa dinikmati oleh penikmat teater dan seni di rumah menemani masa kosong selama pandemi dan semoga produktivitas kesenian juga ada selalu walau masa pandemi ini," pungkas Bob.(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved