Breaking News:

Vakum Empat Bulan, Komunitas Akar Sastra Gelar Padukata Juli Perdana: Kita Sudah Rindu Berkarya

Penampilan perdana ini dilaksanakan sebagai wujud kerinduan berkarya selama vakum.

TRIBUN MEDAN/KARTIKA
DOKUMENTASI kegiatan Padukata Juli oleh Akar Sastra di Ceker Warrior Cafe, Jalan Sei Petani No. 17, Medan, Minggu (19/7/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Setelah vakum selama empat bulan, kini Komunitas Akar Sastra menggelar pertunjukan Sastra perdana bertajuk Padukata Juli di Ceker Warrior Cafe, Jalan Sei Petani No. 17, Medan, Minggu (19/7/2020).

Acara Padukata Juli ini berlangsung selama dua jam dengan menampilkan beragam penampilan sastra seperti baca puisi, cerpen, dan musikalisasi puisi.

Pengurus Akar Sastra, Muhammad Nur Fasya mengungkapkan, penampilan perdana ini dilaksanakan sebagai wujud kerinduan berkarya selama vakum.

"Ini kegiatan perdana kita setelah pandemi. Sebenarnya kita laksanakan dari bentuk kerinduan kita untuk beraktivitas dan rindu trman-teman serta suasana juga. Kita sudah rindu berkarya. Dilihat Medan udah banyak dibuka aktivitas seperti normal jadi yauda kita ambil inisiatif untuk kembali mengadakan Padukata Juli," ungkap Fasya.

SASTRAWAN Terkenal Sapardi Djoko Damono Meninggal Dunia, Alami Penurunan Fungsi Organ

Padukata Juli sendiri menjadi ajang kreativitas untuk berkarya tiap bulan yang digelar dua kali dalam sebulan. Dalam kegiatan ini, para peserta membawakan penampilan sastra ataupun diskusi yang berkaitan dengan sastra.

Selama pandemi, komunitas memilih vakum selama empat bulan hingga kondisi kembali stabil. Fasya menuturkan bahwa saat pandemi lalu, Akar Sastra sempat melakukan penampilan virtual.

"Kita vakum sejak Februari lalu. Sewaktu pandemi yang lagi marak kemarin, kita sempat virtual. Jadi para peserta yang ikut gabung ini bacakan puisinya dengan kirim video yang diunggah ke instagram Akar Sastra. Tapi kegiatan ini tidak rutin karena masih ngurusin mungkin kegiatan kuliah atau kerjaannya," jelas Fasya.

Para peserta Padukata Juli juga tampak menyambut positif kegiatan Padukata ini. Peserta membawakan penampilan dengan antusias. Diantaranya ada Ridho Uluan Siregar.

Ridho turut menyambut senang akhirnya penampilan Padukata kembali digelar setelah vakum berbulan lamanya.

"Saya senang dengan diadakannya kembali kegiatan padu kata dari akar sastra, setelah sekian lama program padukata tidak bisa dilaksanakan akibat dari pandemi yang melanda kota ini," ujar Ridho.

Berkarya di Masa Pandemi, Sastrawan Sumut Luncurkan Buku Antologi Sastra di Taman Budaya Sumut

Ridho sendiri membawakan penampilan puisi sebanyak dua karya dalam Padukata Juli.

Kedepannya, Ia berharap agar Padukata ini berjalan baik kedepannya agar juga turut mengajak masyarakat untuk mencintai literasi.

"Harapan saya kedepan, semoga kegiatan Padukata bisa berjalan dengan baik dan disukai oleh masyarakat khususnya yang menyukai literasi di kota Medan ini. Semoga program Padukata dari Akar Sastra mampu selalu mewadahi sahabat-sahabat sastra yang maumenampilkan karyanya di program Padukata ini," pungkas Ridho.(cr13/tri bun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved