Breaking News:

Berawal dari Misa di Pasar 8 Ringroad, Uskup Agung Medan dan 4 Pastor Positif Covid-19

Kornelius Sipayung dan 4 orang pastor dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes Polymerasi Chain Response (PCR).

TRIBUN MEDAN/HO
USKUP Agung Keuskupan Agung Medan (KAM), Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap. 

TRIBUN-MEDAN.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan menyebut total orang positif corona di Keuskupan Agung Medan (KAM) sebanyak 8 orang.

Saat ini, pihaknya melakukan tracing kepada mereka yang kontak erat dengan Uskup Agung Medan, Kornelius Sipayung dan 4 pastur lainnya yang dinyatakan positif Covid-19.

Uskup dan para pastor diduga terpapar Covid-19 dari luar mengingat banyaknya kegiatan yang dilakukan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan, dr Mardohar Tambunan mengatakan, untuk mendapatkan informasi dari mana mereka terpapar, harus dirunut ke belakang. 

“Mereka yang positif itu ada 8, yakni uskup, pastor ada 4, lalu suster, pembantu dan salah satu petugas kebersihan kebun,” kata Mardohar kepada wartawan ketika ditemui di Posko Covid-19 Medan, Senin (20/7/2020) siang. 

Informasi yang didapat dari dr Maria di RS Elisabeth, pada tanggal 27 Juni 2020, Pastor Mikail Manurung hadir dalam misa di Pasar 8 Ringroad yang saat itu juga dihadiri banyak suster dari berbagai cabang di berbagai daerah.

“Di situ beliau mengatakan, ada suster yang terpapar Covid-19, tapi itu sudah lama, sesudah beliau dirawat lalu coba ditelusurinya ke belakang. Bahwa saat misa di Pasar 8 itu, ada salah satu suster dari Kabanjahe yang positif,” katanya.

Satu hari kemudian, Pastor Mikail Manurung mengikuti pertemuan di Keuskupan Agung Medan yang saat itu dihadiri Uskup Agung Medan, Kornelius Sipayung, Parlindungan Purba dan lainnya.

Hingga akhirnya pada tanggal 7 Juli 2020, Pastor Mikail Manurung masuk RS Elisabeth Medan karena merasakan gejala batuk dan demam.

Tanggal 10 Juli, Pastor Mikail Manurung menjalani tes swab.

Halaman
123
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved