Breaking News:

Pilkada Serentak 2020 di Sumut

Bapaslon Pilkada Siantar Kekurangan Dukungan 9.221 KTP-elektronik, KPU Beri Tenggat Waktu

Untuk penyerahan dokumen dukungan perbaikan mulai tanggal 25 sampai dengan 27 Juli 2020

T R I B U N-MEDAN/Alija Magribi
Rapat pleno verifikasi faktual dukungan pasangan calon perorangan Pilkada Siantar pada Desember 2020 yang diselenggarakan KPU Pematangsiantar 

T R I B U N-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR

Rapat pleno rekapitulasi dukungan bakal calon perseorangan Pilkada Siantar, Desember 2020, digelar cukup alot sejak awal.

Bahkan rapat yang digelar oleh KPUD Pematangsiantar di Gedung Dharma Wanita Persatuan ini baru berakhir hingga Selasa (21/7/2020) malam tadi.

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Kota Pematangsiantar Daniel Manompang Dolok Sibarani, yang mana satu persatu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) membacakan hasil Verifikasi Faktual dukungan pasangan Ojak Naibaho dan Efendi Siregar, atau yang berjuluk OKE.

Data -data tersebut setelah di-renvoice oleh KPU, Bawaslu, dan relawan pasangan, maka data dari setiap PPK ditetapkan dan disahkan oleh Ketua KPU bersama komisioner KPU lainnya.

Dari hasil rapat pleno, ditetapkanlah data jumlah dukungan, baik yang Memenuhi Syarat (MS) maupun Tidak Memenuhi Syarat (TMS) tingkat kota yang telah dikoreksi.

Dari hasil verifikasi faktual, diperoleh sebanyak 8.689 dukungan kepada pasangan OKE. Ini artinya perolehan pasangan ini masih jauh dari persyaratan yang ditetapkan KPU Pematangsiantar, yakni minimal 17.910. Pasangan OKE kekurangan 9.221 KTP elektronik.

Karenanya, diberikan waktu untuk memperbaiki data dukungan. Hanya saja, dukungan yang dibutuhkan dan harus dipenuhi menjadi dua kali lipat dari kekurangan, yakni 9.221 menjadi 18.442 dukungan.

"Hari ini kita akan lakukan sosialisasi perbaikan ke bapaslon. Setelah tahapan rekapitulasi kota tadi, maka bapaslon yang sudah meng-input data perbaikan di silon offline bisa di-submit ke silon online. Untuk penyerahan dokumen dukungan perbaikan mulai tanggal 25 sampai dengan 27 Juli 2020," ujarnya Guna Gunting selaku Divisi Teknis KPU Pematangsiantar.

Nantinya setelah dukungan perbaikan diterima, ujar Gina, dilakukan kembali, pengecekan dokumen perbaikan, Verifikasi Administrasi, Kegandaan dan Keberadaan di DP4 / DPT Perbaikan, Verifikasi Faktual Perbaikan di kelurahan, Rekap Kecamatan hingga Rekap Kota.

"Untuk dokumen dukungan sudah kita imbau dari bulan Februari 2020 kemarin," ujar Gina.

KPUD juga mengundang bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar jalur perorangan, Ojak Naibaho dan M Effendi Siregar beserta relawan, dan .

(t r i b u n-medan.com/Alija Magribi

Penyelenggaraan rapat pleno kali ini, tampak hadir PPK dari 8 kecamatan yang ada di Kota Pematangsiantar, Kapolres Pematangsiantar AKBP Budi Pardamean Saragih mewakili Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Ketua Pengadilan Negeri (PN) dan Ketua Bawaslu Pematangsiantar.

Penulis: Alija Magribi
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved