Breaking News:

PRAKIRAAN CUACA BMKG Hari Ini: Sumut Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir hingga 2 Hari Mendatang

Peringatan dini, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang

T R I B U N MEDAN/DANIL SIREGAR
Awan gelap menyelimuti pemukiman penduduk di Medan 

T R I B U N-MEDAN.com, Medan -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan memperkirakan adanya hujan lebat disertai petir hingga dua hari mendatang di sejumlah daerah Sumatera Utara.

Saat dikonfirmasi, Forecaster BBMKG wilayah I Medan Defri Mandoza menuturkan prakiraan cuaca untuk hari ini di wilayah Sumatera Utara.

"Pagi hari akan terjadi hujan ringan hingga hujan sedang, berpotensi terjadi di wilayah Pegunungan, Lereng Barat, Pantai Barat dan Lereng Timur," ujarnya pada Rabu (22/7/2020)

Dia juga menyampaikan bahwa akan terjadi juga hujan lebat di daerah pegunungan di Sumatera Utara.

"Hujan lebat berpotensi terjadi di daerah pegunungan," lanjutnya.

Setelah menguraikan prakiraan cuaca pagi hari, dia juga menguraikan prakiraan cuaca pada siang hari di wilayah Sumatera Utara.

"Kita perkirakan hujan ringan hingga hujan lebat, yang berpotensi terjadi di wilayah Pegunungan, Lereng Barat, Pantai Barat dan Lereng Timur," terangnya.

Sementara untuk Sore hingga malam, BMKG memprediksi akan terjadinya hujan ringan hingga hujan sedang.

"Hujan ringan hingga hujan sedang berpotensi terjadi di wilayah Pegunungan, Lereng Barat, Pantai Barat dan Lereng Timur," sambungnya.

Sedangkan pada dini hari, cuacanya berawan dan potensi hujan ringan terjadu di kepulauan Nias.

Dengan prakiraan tersebut, maka pihak BMKG wilayah I Medan membuat peringatan bagi masyarakat Sumatera Utara.

"Peringatan dini, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hingga siang hari di Sergai, Batubara, Palas, Paluta, Samosir, Toba, Labuhan Batu, Labuhan Baru Selatan, Labura, Pematangsiantar, Simalungun, Taput, Tapsel, Padang Sidempuan," sambungnya.

BMKG juga menuturkan bahwa suhu udara pada 19.0 hingga 33 derajat celcius.

"Prakiraan gelombang laut terjadi di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh dan Samudera Hindia Barat Nias dengan tinggi 2,5  hingga 4 meter," pungkasnya.

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved