Breaking News:

Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Komunitas Bilal Mayit Kota Medan Didorong Jadi Petani Perkotaan

Bukan hanya pembuatan pupuk organik, bantuan bibit juga diberikan bagi masyarakat petani di jalan Wakaf, Kelurahan Medan Sunggal, Kota Medan.

TRIBUN MEDAN/HO
KEGIATAN pembuatan pupuk organik di daerah Sunggal. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto melalui Dir Binmas Polda Sumut Kombes Pol Hondawan Naibaho mendorong Komunitas Bilal Mayit Kota Medan menjadi petani perkotaan. Hal ini demi mensukseskan program ketahanan pangan nasional, 

Terkait hal ini, Komunitas Bilal Mayit dilatih membuat pupuk organik.

"Hari Selasa lalu, kita melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik demi ketahanan pangan. Dengan pelatihan ini, kita ingin menciptakan perekonomian rumah tangga dengan cara menanam sayur mayur, kemudian bisa juga memelihara ikan lele," ujar Kombes Pol Hondawan Naibaho saat dikonfirmasi, Rabu (22/7/2020).

Bukan hanya pembuatan pupuk organik, bantuan bibit juga diberikan bagi masyarakat petani di jalan Wakaf, Kelurahan Medan Sunggal, Kota Medan.

AKHIRNYA Makhluk Misterius Pengisap Darah Ternak di Taput Terekam CCTV

"Kita berkeinginan mendorong warga menjadi petani perkotaan memanfaatkan lahan kecil. Hasil sayuran yang ditanam, bisa dinikmati warga untuk rumah tangga dan menghasilkan bagi mereka," kata Kabaharkam Polri, Agus Andrianto.

Saat ini proses edukasi penanaman bibit sayur mayur akan dilaksanakan di empat kecamatan yakni Medan Sunggal, Medan Kota, Medan Amplas dan Medan Marelan.

Kombes Pol Hondawan Naibaho menuturkan proses pembuatan pupuk organik berasal dari limbah sayuran dan sampah-sampah.

Edy Rahmayadi Minta Penyapu Jalan, Penggali Kubur dan Bilal Mayit Tidak Berkecil Hati

"Nah, jika masyarakat sudah mau menanam sayur-mayur itu kan membutuhkan pupuk," katanya. 

Pada kesempatan tersebut, Kombes Hondawan Naibaho juga meminta masyarakat mensukseskan ketahanan pangan dengan menanam sayur mayur di pekarangan rumah serta memanfaatkan lahan tidak produktif.

"Bibit akan kita berikan seperti cabai, bawang, sawi dan kangkung. Silakan nanti hasilnya dinikmati. Semoga bisa menambah pendapatan warga," kata Hondawan.

Ketua Bilal Mayit Kota Medan, Pusman mengucapkan terima kasih atas support Kabaharkam Polri dari bantuan modal hingga bibit sayur mayur. "Kita sangat berterima kasih. Semoga ketahanan pangan berjalan, bank sampah juga berjalan," katanya.

Pelatihan pembuatan pupuk organik ini melibatkan Yayasan Budaya Hijau Indonesia dengan peserta anggota bilal mayit dan masyarakat umum.(cr3/tri bun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved