Breaking News:

Kadis Kominfo dan Eks Sekretaris Kominfo Siantar Ditahan Jaksa setelah 1 Tahun Berstatus Tersangka

Keduanya dianggap merugikan negara dalam proyek pengadaan jasa bandwidth tahun anggaran 2017 dengan proyek mencapai Rp 726 juta.

Tribun-Medan.com/Alija Magribi
Kepala Kejaksaan Negeri Pematangsiantar Herrus Batubara didampingi para kasi memaparkan penahanan pimpinan diskominfo Pematangsiantar, Rabu (22/7/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Proses hukum terhadap Kadiskominfo Pematangsiantar Posma Sitorus dan eks Sekretaris Kominfo Acai Sijabat, akhirnya terjawab.

Usai pelaksanaan peringatan HUT Adhyaksa ke-60, Rabu (22/7/20209, penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar akhirnya menjebloskan kedua tersangka ke sel tahanan.

Momen penahanan kedua tersangka sempat ditunggu awak wartawan yang bersiap di halaman Kejari Siantar sejak pukul 16.30 WIB.

Kedua tersangka baru keluar dipapah sekitar pukul 18.00 WIB.

Beberapa waktu berselang, Kepala Kejaksaan Negeri Pematangsiantar Herrus Batubara dalam konferensi pers, menyampaikan penahanan keduanya dialihkan ke sel Polsek Siantar Marihat.

"Tadinya di Polres, namun karena penuh keduanya kita antar ke Polsek Siantar Marihat. Kalau ke Rutan, sesuai protokol Covid-19, itu hanya untuk yang sudah diputuskan pengadilan," ujar Herrus Batubara.

Herrus menjelaskan, sebelum diantarkan ke Polsek Siantar Marihat, terhadap keduanya dilakukan rapid test yang hasilnya non-reaktif Covid-19.

Dalam perkara ini, kedua tersangka yang masing-masing sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dianggap merugikan negara dalam proyek pengadaan jasa bandwidth tahun anggaran 2017 dengan proyek mencapai Rp 726 juta.

Bandwidth itu diperoleh dari PT Tensi bekerjasama dengan Sinar Kasindo dalam program Smart City Pemko Pematangsiantar.

"Sesuai perhitungan BPKP ada indikasi kerugian negara sebesar Rp 450 juta, lantaran kemudian hari internet tak bisa dimanfaatkan," ujar Herrus.

Halaman
12
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved