Breaking News:

Soal Akhyar Wali Kota Definitif, Kabag Hukum: Kewenangannya ada di Kementerian

Plt Kabag Hukum Setdako Medan, Laksamana Putra Siregar mengatakan terkait pengusulan Akhyar menjadi walikota definitif ada di Kementerian.

HO/t r i b u n m e d a n
Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Wali Kota Medan nonaktif, Dzulmi Eldin telah mencabut akta pengajuan banding terhadap vonis 6 tahun penjara yang diterimanya dalam kasus suap beberapa waktu lalu.

Melihat hal tersebut, Plt Kabag Hukum Setdako Medan, Laksamana Putra Siregar mengatakan terkait pengusulan Akhyar menjadi walikota definitif kewenangannya ada di Kementerian.

"Prosesnya sudah diatur dalam Undang-undang, sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 83, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2005 Pasal 175, dan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 71. Kewenangannya ada di Kementerian," katanya, Kamis (23/7/2020).

Dijelaskannya, dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2005 Pasal 175, apabila Bupati atau Walikota berhenti, atau diberhentikan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan sisa masa jabatan kurang dari 18 (delapan belas) bulan, Menteri menetapkan penjabat Bupati/Walikota sampai dengan berakhirnya masa jabatan sebagai wakil Bupati/Wali Kota Pemerintah.

Ucapan Djarot Semakin Mengarah ke Bobby Nasution untuk Calon Wali Kota Medan

Selain itu, apabila sisa masa jabatan Bupati/Walikota berhenti, atau diberhentikan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan sisa masa jabatan lebih dari 18 (delapan belas) bulan maka dilakukan Pemilihan Bupati/Walikota melalui DPRD Kabupaten/Kota.

Saat ditanya saat ini prosesnya sudah sampai mana, Putra mengatakan kementerian dan provinsi yang lebih tahu hak tersebut.

"Kalau soal itu tanya ke Kementerian atau Provinsi yang lebih tepat," pungkasnya.(cr21/tri bun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved