Breaking News:

TRANSPORTASI TERBARU di Medan akan Diterapkan Sistem BTS, Begini Kata Pengamat Transportasi Publik

"Akan sangat bagus karena harapannya kita bisa mengurangi jumlah pengguna kenderaan pribadi"

T R I B U N-MEDAN.com/Risky Cahyadi
Peluncuran bus Buy The Service oleh Pemerintah Kota Medan melalui Kementerian Perhubungan pada Februari lalu di depan Lapangan Merdeka Medan 

T R I B U N-MEDAN.com -

Dua bulan lagi, tepatnya pada September 2020 sistem transportasi pembelian jasa layanan atau Buy The Service akan segera direalisasikan di Medan.

Hal ini terungkap dalam rapat yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Medan bersama sejumlah anggota Komisi IV DPRD Medan pada Selasa lalu.

Menanggapi hal ini, pengamat transportasi publik dari Universitas Sumatra Utara, Meidi Sejahtera Surbakti menuturkan bahwa penerapan BTS merupakan skema yang ditetapkan secara nasional dari Menteri Perhubungan.

Untuk kemudian dapat diaplikasikan oleh pemerintah daerah dan Kabupaten/Kota.

Sebagai pengamat transportasi publik, Meidi mengaku menyambut baik rencana realisasi sistem BTS di Medan.

"Buy The Service ini kan rencana nasional ya, yang mana diarahkan langsung dari Menteri Perhubungan untuk bisa diterapkan di Pemerintah Daerah. Kita tentu senang dengan penerapan ini di Kota Medan," ujar Meidi saat dihubungi melalui saluran telepon, Jumat (24/7/2020).

Meidi mengatakan bahwa pelaksanaan program Buy The Service merupakan usaha untuk meminimalisir penggunaan kenderaan pribadi agar dapat menurunkan kemacetan. Sekaligus juga dapat meminimalisir kepadatan jalan.

Namun, terangnya harus ada program pendukung untuk memastikan sistem BTS bisa terus berkelanjutan atau existing.

"Kita melihat, sistem BTS ini kalau nanti dia existing tentu akan sangat bagus karena harapannya kita bisa mengurangi jumlah pengguna kenderaan pribadi. Yang nantinya akan berpengaruh juga pada pengurangan kasus kemacetan di Jalan-jalan kota," kata Meidi.

Halaman
12
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved