Breaking News:

Tak Ada Salat Idul Adha 1441 Hijriyah di Lapangan Adam Malik Pematangsiantar

Berbagai aspek perlu dipertimbangkan kembali sehingga diperoleh bahwa salat Idul Adha 1441 tidak dilaksanakan di Kota Pematangsiantar.

Tribun Medan/Azis
SUASANA Salat Idul Adha di Lapangan KS Tubun Polda Sumut, beberapa waktu lalu. 

TRI BUN-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR - Pelaksanaan salat Idul Adha 1441 H/2020 M di Lapangan Adam Malik, Kecamatan Siantar Barat resmi ditiadakan.

Langkah itu diambil dari kesepakatan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Masjid dan para tokoh-tokoh agama.

Ketua Dewan Masjid Armaya Siregar menyampaikan, pihaknya bersama MUI dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama, maupun tokoh masyarakat sudah merapatkan kemungkinan diadakannya Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di Kota Pematangsiantar, pada Selasa (14/7/2020) yang lalu.

Idul Adha 2020 - Amalan Sunah yang Dianjurkan selama 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah

Saat itu, ada 49 pengurus masjid turut hadir berunding. Berbagai aspek perlu dipertimbangkan kembali sehingga diperoleh bahwa salat Idul Adha 1441 tidak dilaksanakan di Kota Pematangsiantar.

“Kemarin sudah kita persiapkan untuk salat Idul Adha 1441 H/2020 M di Lapangan Adam Malik. Cuma kita lihat bertambah terus pasien Covid-19, akhirnya kita ambil kesimpulan untuk tidak dilaksanakan atau dibatalkan,” jelasnya.

Ia pun mengaku bahwa pembatalan ini sudah disampaikan juga kepada Pemko Pematangsiantar. Pemerintah diharapkan segera mungkin menyampaikan informasi tersebut kepada semua pengurus masjid, khusus yang sebelumnya sudah sepakat ikut melaksanakan salat di sana.

IDUL ADHA, Jadwal Puasa Sunnah Jelang Idul Adha 2020: Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah

“Kita sudah laporkan ini ke Pemko Pematangsiantar dan kita harapkan Pemko lah yang akan menginformasikannya kepada pengurus-pengurus masjid,” terangnya.

Walau salat Idul Adha batal dilaksanakan di Lapangan Adam Malik, kata Armaya Siregar, seluruh umat muslim diajak untuk tetap melaksanakannya di masjid-masjid masing-masing dengan ketentuan memperhatikan protokol kesehatan.

“Tetap juga diadakan di masjid-masjid warga sekitar. Untuk pelaksanaan Salat Idul Adha, kita dari dewan masjid telah menyebarkan bantuan ke berbagai masjid berupa masker, sabun, hand sanitizer dan alat-alat kebersihan lainnya. Untuk masker, kita bagikan untuk sekitar 150 masjid,” ucapnya.(mag/tri bun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved