Breaking News:

Hari ke-3 Operasi Patuh Toba 2020, Polda Sumut dan Jajaran Tangani 2059 Kasus

Sebanyak 1.295 personel yang dilibatkan dalam Ops Patuh Toba 2020, terdiri satuan tugas Polda 100 dan satuan tugas wilayah, 1.195.

TRI BUN MEDAN/M FADLI TARADIFA
KASUBDIT Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan 

T R I B U N-MEDAN.com, MEDAN - Polda Sumut dan jajaran melaksanakan operasi Patuh Toba 2020, secara serentak sejak 23 Juli sampai 5 Agustus mendatang.

Adapun personel kepolisian yang dilibatkan dari satuan tugas Polda dan satuan tugas wilayah.

Sebanyak 1.295 personel yang dilibatkan dalam Ops Patuh Toba 2020, terdiri satuan tugas Polda 100 dan satuan tugas wilayah, 1.195.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan pada gelar operasi Patuh Toba di hari ke-3, petugas petugas menangani 2059 perkara.

"Di mana dari 2059 perkara, sebanyak 902 tindakan berupa tilang dan 1157 perkara berupa tindakan teguran," ujarnya, Minggu (26/7/2020).

Lebih rinci dijelaskan MP Nainggolan, untuk jenis pelanggaran beragam, mulai dari tidak menggunakan helm SNI sebanyak 283 perkara.

Satu Jam Gelar Razia Ops Patuh Toba, Sat Lantas Polres Tanjungbalai Sita Empat Unit Motor

Melawan arus 68 perkara, menggunakan HP ada dua perkara, pengendara di bawah umur ada 30 perkara, muatan lebih ada 73 perkara dan lainnya ada 446 perkara.

"Dalam operasi patuh Toba di hari ke-3, jumlah kecelakaan ada delapan. Di mana dua meninggal dunia, enam luka berat dan tujuh luka ringan. Dalam kecelakaan ini diperkirakan kerugian materi Rp 54 juta 300 ribu," ungkapnya.

Lanjut Nainggolan, Ops patuh Toba digelar bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah provinsi Sumatera Utara.

TERKINI Operasi Patuh Toba 2020 Hari Ketiga, Sepeda Motor Knalpot Blong Diangkut Polisi

"Dalam kegiatan ini mengedepankan preemtif dan preventif dan penindakan hukum untuk meningkatkan simpati masyarakat terhadap polisi Lalu lintas dalam rangka pencegahan/penularan Covid-19. Dalam pelaksanaan Ops Patuh Toba 2020 itu, kita juga didukung instansi terkait," kata Nainggolan.

Lanjutnya, untuk target kegiatan, adalah menurunnya titik lokasi kemacetan, kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran sesuai karakteristik wilayah masing-masing (tematik).

"Tetap mempedomani protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara preemtif, preventif dan persuasif yang humanis," bebernya.(mft/t r i b u n-medan.com)

Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved