Breaking News:

Pohon Tumbang di Depan Rumah Dinas Gubernur Sumut Bukan Milik Pemko, Begini Penjelasan DKP

Sejumlah pohon tumbang di Jalan Juanda, Simpang Jalan Sudirman, tepatnya di jalanan depan Rumah Dinas Gubernur Sumut

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan memotong pohon yang tumbang di persimpangan Jalan Sudirman dan Jalan Juanda, Medan, Sabtu (25/7/2020). Pohon tumbang yang menutupi badan jalan tersebut akibat terkena angin kencang disertai hujan, menyebabkan arus lalu-lintas macet. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Hujan deras yang mengguyur Kota Medan, membuat sejumlah pohon tumbang di Jalan Juanda, Simpang Jalan Sudirman, tepatnya di jalanan depan Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara.

Alhasil, arus lalu lintas pun macet total di kawasan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi (Kasi) Penghijauan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan (DKP), Diki Rinaldi mengatakan sejumlah pohon yang tumbang tersebut bukanlah milik Pemko Medan.

"Kalau untuk yang tumbang di depan rumah dinas Gubsu itu milik pihak yang punya rumah, itu pohon milik pribadi, bukan pemko Medan," katanya, Minggu (26/7/2020).

Meski demikian, kata Diki, karena mengganggu arus lalu lintas sehingga menyebabkan kemacetan yang lumayan panjang, pihak DKP telah turun tangan membersihkan pohon tumbang tersebut.

"DKP tetap membersihkan karena menghalangi arus lalu lintas, sehingga kami harus menindak lanjuti agar masyarakat pengguna jalan tidak terganggu," katanya.

Namun saat ditanyakan apakah DKP dibayar untuk membersihkan pohon tumbang tersebut, Diki menjawab tidak karena hanya untuk membuka jalan agar tidak macet saja.

"Tidak (dibayar) kami hanya membuka jalan agar arus lalu lintas lancar kembali," ucapnya.

Sebelumnya, persoalan pohon tumbang di Medan juga kerap terjadi selama beberapa bulan belakangan. Pohon tumbang tersebut juga tak jarang membahayakan pengguna jalan dan kendaraan yang diparkir di sekitarnya.

Seperti bulan Juni 2020 lalu, pohon Mahoni besar di kawasan Jalan Turi Ujung, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, tepatnya depan Masjid Teladan, tumbang. akibatnya, dua mobil yang di parkir di pelataran masjid tersebut tertimpa pohon

Tidak hanya itu, Jumat (19/7/2019) lalu seorang pengendara sepeda motor mengalami luka berat karena tertimpa pohon tumbang di Jalan Sudirman, Medan, diduga hujan deras disertai angin kencang menjadi pemicu tumbangnya pohon tersebut.

Sebelumnya, kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Medan, Husni mengatakan memang sejumlah pohon di Medan membutuhkan perawatan ataupun peremajaan, namun dikarenakan tahun ini dipangkasnya dana DKP untuk penanganan Covid-19 mengakibatkan rencana peremajaan pohon di sejumlah lokasi, terpaksa diurungkan.

Meski demikian, ia mengatakan sejumlah lokasi sedang diupayakan dilakukan peremajaan agar pihak ketiga mau terlibat membantu peremajaan pohon.

"Mungkin ada beberapa titik kota akan terjadi penataan. Penataan itu kan enggak harus dari APBD, bisa juga dari pihak ke-tiga. Bank Sumut juga sudah mau itu ditata, Jalan Sudirman keliling depan jembatan itu kan Pohon Tua sudah Lapuk, semua ini lagi di lobi-lobi untuk ditata ulang, jadi bukan hanya satu kawasan, ada lima atau enam kawasan yang coba kita komunikasikan untuk menjadi pohon yang memiliki estetika kota ketimbang rawan dari segi bencana," ucapnya.

(cr21/tribun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved