Breaking News:

GEMPA di NIAS, BMKG Imbau Warga Tenang, Gempa Bumi Ini Tidak Berpotensi Tsunami

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya

lacity.org
Ilustrasi seismograf gempa bumi 

T RIBUN-MEDAN.com, Medan -

Gempa bumi mengguncang kawasan yang berada 88 kilometer arah Timur Laut Nias Selatan, Sumatra Utara pada kedalaman 51 km pada Senin (27/7/2020).

"Kejadian dan Parameter Gempabumi:*
Hari Senin, 27 Juli 2020 pukul 05.01.24 WIB wilayah Sumatra Utara diguncang gempa tektonik," Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono pada keterangan tertulisnya pada Senin (27/7/2020).

Dia juga menuturkan bahwa gasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update M 4,9.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,60 LU dan 98,61 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km arah Timur Laut Nias Selatan, Sumatra Utara pada kedalaman 51 km," sambungnya.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan jenis dan mekanisme gempa bumi.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi," tambahnya.

Dari hasil analisis pihaknya,mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa tersebut berdampak adanya getaran yang dirasakan masyarakat di daerah Aek Godang II.

"Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Aek Godang II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," sambungnya.

Halaman
1234
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved