Breaking News:

Jalin Kerjasama, Pemko Medan Rencanakan Buka Jalur Penerbangan Langsung Karachi - Kualanamu

Direncanakan kerjasama bidang perdagangan, pendidikan, sosial budaya, juga pariwisata tersebut, diawali dengan pembentukan Sister City, Medan-Karachi.

TRIBUN MEDAN/GITA NADIA
PELAKSANA Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, menerima utusan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Karachi, Pakistan, Ade Pranajaya, di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Senin (27/7/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Indonesia di Karachi, Pakistan, menjajaki hubungan kerja sama antara Kota Karachi dan Medan.

Direncanakan kerjasama bidang perdagangan, pendidikan, sosial budaya, juga pariwisata tersebut, diawali dengan pembentukan Sister City, Medan-Karachi.

Hal ini diungkapkan saat Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, menerima utusan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Karachi, Pakistan, Ade Pranajaya, di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Senin (27/7/2020)

Dalam pertemuan tersebut, Staf of Economic Affairs and Informations & Social Cultural Affairs Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Karachi, Ade Pranajaya mengatakan, sister city akan mempermudah proses kerja sama antara Kota Medan dengan Karachi.

"Kita harapkan dengan adanya kerja sama ini, perekonomian kedua kota ini akan meningkat," katanya.

Selain itu, Ade juga mengungkapkan adanya perencanaan untuk membuka jalur penerbangan langsung Karachi – Kualanamu. Hal ini, lanjutnya, tentu akan memberikan pengaruh positif bagi perekonomian Medan maupun Karachi.

"Dengan adanya jalur penerbangan langsung ini akan memudahkan pergerakan orang dan bisnis dari Karachi ke Medan," ucapnya.

Rencana Sister City Kota Medan dan Karachi Diapresiasi Plt Wali Kota Akhyar

Penjajakan yang dilakukan oleh pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Karachi ini disambut baik oleh Akhyar. Ia mengatakan hubungan kerja sama haruslah bermanfaat bagi kedua belah pihak, termasuk dalam bidang perekonomian.

Akhyar memandang, jumlah penduduk Karachi yang besar merupakan salah satu peluang perekonomian yang dapat digarap dengan baik. Untuk itu, ia menyarankan agar koordinasi dan komunikasi antara kedua belah pihak ditingkatkan hingga kerja sama ini dapat terwujud

"Pemko Medan sangat menyambut baik penjajakan kerjasama dalam bentuk sister city antara Medan dan Karachi. Hubungan kerjasama ini akan lebih memberikan manfaat antara kedua belah pihak. Setelah terjalin nanti, kita akan jajaki kerjasama dalam beberapa bidang yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat masing-masing kota. Layaknya seperti kakak dan adik kami berharap Medan dan Karachi dapat saling menyokong satu sama lain," ucap Akhyar.

Wujudkan Sister City, Kota Medan dan MBPP Gelar Laga Sepak Bola Persahabatan

Menanggapi hal tersebut, Ade mengungkapkan rasa apresiasi atas penerimaan yang baik dari Pemko Medan mengenai penjajakan ini. Ade berharap penjajakan ini akan berlanjut ke arah teknis pembentukan sister city kedua belah pihak.

"Alhamdulillah, terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Plt Wali Kota, Pak Asisten Ekbang dan seluruh jajaran karena telah menerima penjajakan ini dengan baik. Kedepannya diharapkan koordinasi di antara Kota Medan dan Kota Karachi dapat berlangsung lancar hingga terjadi kesepakatan sister city nantinya," pungkasnya.(cr21/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved