Breaking News:

Jelang Idul Adha, Masjid Al Istiqomah Lakukan Salat Ied dengan Protokol Kesehatan

Badan Kenaziran Masjid Al Istiqomah, Akmalul Ikhsan mengatakan, pelaksanaan Salat Ied di Masjid Al Istiqomah akan menerapkan protokol kesehatan.

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
MASJID Al Istiqomah, Jalan Dr. Mansyur No.155, Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Menjelang Idul Adha yang akan jatuh pada hari Jumat, 31 Juli 2020, beberapa masjid di Medan telah melakukan sejumlah persiapan. Satu diantaranya adalah Masjid Al Istiqomah yang terletak di Jalan Dr. Mansyur No.155, Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.

Pengurus Badan Kenaziran Masjid Al Istiqomah, Akmalul Ikhsan mengatakan, pelaksanaan Salat Ied di Masjid Al Istiqomah akan menerapkan protokol kesehatan.

Beberapa di antaranya yakni mewajibkan para jamaah menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki areal Masjid.

"Kegiatan di Masjid sudah kembali normal seperti biasa. Jadi nanti pada Salat Idul Adha kita juga akan laksanakan pada hari Jumat ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Akmalul, Senin (27/7/2020).

Idul Adha Jatuh pada Hari Jumat, Masjid Tajul Madras Lakukan Penyembelihan Hewan Kurban Hari Sabtu

Diterangkan nya, pelaksanaan Salat Idul Adha akan dilakukan di Masjid Al Istiqomah. Jamaah wanita akan Salat di areal dalam masjid dan saf salat untuk jamaah laki-laki akan berada di pelataran parkir Masjid Al Istiqomah.

"Seperti pada tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan Salat akan dilakukan di Masjid Al Istiqomah dengan memanfaatkan lahan parkir yang akan didirikan tenda tambahan untuk saf pria," katanya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Masjid Al Istiqomah Akmalul mengatakan akan dilakukan pada hari Sabtu 1 Agustus 2020. Penyembelihan hewan qurban akan dilakukan di pelataran parkir Masjid.

"Karena Idul Adha jatuh pada hari Jum'at jadi pelaksanaan penyembelihan qurban akan kita lakukan keesokan harinya yakni pada hari Sabtu," tuturnya.

Akmalul mengatakan, pada saat pelaksanaan penyembelihan hewan qurban juga akan menerapkan protokol kesehatan.

Ucapan Selamat Idul Adha 2020 Cocok Dibagi di WhatsApp, Facebook dan Instagram

"Nanti sebelum hari H kita akan lakukan persiapan teknis ya. Seperti pembagian panitia, lokasi antre warga, lokasi pemotongan daging dan lainnya. Tentu juga akan tetap kita terapkan protokol kesehatan," tutup Akmalul.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Medan, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 36 Tahun 2020 tentang Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Wabah Covid-19.

Dilansir dari website resmi MUI, Fatwa ini menekankan pentingnya memperhatikan protokol kesehatan saat ibadah Salat Idul Adha maupun menyembelih hewan kurban.

Untuk hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari Jum'at, berdasarkan Fatwa ini panitia qurban juga boleh melaksanakan penyembelihan hewan qurban selama hari tasyrik yakni 11,12 hingga 13 Zulhijah.(cr14/tri bun-medan.com)

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved