Breaking News:

BMKG - Prakiraan Cuaca Hari Ini, Waspada Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

Forkester BMKG Wilayah I Medan menuturkan prediksi BMKG di wilayah Sumatera Utara untuk hari ini, Selasa (28/7/2020)

T RIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Pengendara berusaha melintasi banjir yang menggenangi Jalan Hasanuddin, Medan, Senin (27/7/2020). Hujan deras yang mengguyur menyebabkan sejumlah jalan tergenang banjir, akibat buruknya saluran drainase. 

T RIBUN-MEDAN.com, Medan -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan memperkirakan akan terjadi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Pantai Barat pada hari ini, Selasa (28/7/2020).

Bukan hanya di wilayah Pantai Barat, wilayah Pegunungan Sumatera Utara hingga sebagian wilayah Pantai Timur pun mengalami hal sama.

Lestari Irene Purba, Forkester BMKG Wilayah I Medan menuturkan prediksi BMKG di wilayah Sumatera Utara untuk hari ini, Selasa (28/7/2020).

"Adanya daerah pertemuan angin di wilayah Pegunungan Sumatera Utara sehingga sebagian wilayah Pantai Timur dan Lereng Timur, pegunungan, sebagian Pantai Barat Sumatera Utara masih terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang," ujar Lestari saat dikonfirmasi pada Selasa (28/7/2020).

Lebih lanjut, sebagian wilayah Pantai Barat, intensitas hujannya diperkirakan sedang hingga lebat.

Pengendara berusaha melintasi banjir yang menggenangi Jalan Hayam Wuruk, Medan, Senin (27/7/2020). Hujan deras yang mengguyur menyebabkan sejumlah jalan tergenang banjir, dampak buruknya saluran drainase.
Pengendara berusaha melintasi banjir yang menggenangi Jalan Hayam Wuruk, Medan, Senin (27/7/2020). Hujan deras yang mengguyur menyebabkan sejumlah jalan tergenang banjir, dampak buruknya saluran drainase. (T RIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

"Sebagian wilayah Pantai Barat berpeluang terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," pungkasnya.

Lebih jelasnya, dia menuturkan prakiraan cuaca untuk hari ini sejak siang hari hingga malam hari.

"Pada siang hari, hujan ringan hingga hujan petir dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Pegunungan, Pantai Barat hingga Lereng Timur Sumatera Utara," sambungnya.

Hujan deras yang mengakibatkan genangan banjir di Jalan Dr Mansyur Kota Medan pada Senin (27/7/2020)
Hujan deras yang mengakibatkan genangan banjir di Jalan Dr Mansyur Kota Medan pada Senin (27/7/2020) (TR I B U N MEDAN/Maurits Pardosi)

"Pada sore hingga malam hari: berawan hingga hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir di wilayah Pegunungan, Pantai dan Lereng Barat hingga Lereng dan Pantai Timur Sumatera Utara," lanjutnya.

Dini hari, kondisi cuaca berawan hingga hujan dengan intensitas ringan di sebagian wilayah Pantai Timur Sumatera Utara.

"Waspada hujan lebat disertai petir di wilayah pegunungan, pantai dan Lereng Timur dan Pantai Barat yang berpotensi terjadi longsor dan banjir serta luapan air sungai," pungkasnya.

(cr3/t ribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved