Breaking News:

Jelang Idul Adha, Ini Panduan Protokol Kesehatan Salat Ied dan Penyembelihan Kurban dari MUI Medan

Pelaksanaan ibadah haji terpaksa harus dibatalkan karena pandemi covid-19. Namun rangkaian ibadah di bulan Haji tetap sunnah dilakukan

T RIBUN-MEDAN.com/Rechtin Hani
Kantor Majelis Ulama Indonesia Kota Medan Jalan Nusantara no. 3 Kotamatsum III, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan 

T RIBUN-MEDAN.com-

Jelang Idul Adha yang akan jatuh pada hari Jumat (31/7/2020) Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan Tausyiah mengenai pelaksanaan ibadah di Bulan Haji dan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Kota Medan, Muhammad Amar Adly menerangkan ada beberapa standar protokol kesehatan yang dilakukan dalam pelaksanaan ibadah pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

"Pelaksanaan ibadah haji terpaksa harus dibatalkan karena pandemi covid-19. Namun rangkaian ibadah di bulan Haji tetap sunnah dilakukan," terang Muhammad Amar Adly dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan, Rabu (29/7/2020).

Beberapa ibadah yang dianjurkan dalam bulan Haji, terangnya yakni berpuasa dari tanggal 1 sampai 8 Zulhijah, berpuasa Arafah pada tanggal 9 Zulhijah serta pelaksanaan Salat Ied dan penyembelihan hewan kurban.

"Karena keputusan dari Kementrian Agama Republik Indonesia untuk pembatalan ibadah haji, namun ibadah di dalam bulan Haji tetap sunnah dilakukan. Untuk itu dalam pelaksanaan nya tetap harus menerapkan protokol kesehatan," tambahnya.

Adapun ibadah-ibadah tersebut dilakukan tetap harus mengikuti protokol kesehatan. Beberapa protokol kesehatan tersebut yakni hadir Salat Berjamaah dalam keadaan sehat. Memakai masker, membawa sajadah masing-masing, meminimalisir kontak fisik antar jamaah.

Selanjutnya dalam pelaksanaan salat diharapkan mencuci tangan sebelum dan sesudah Salat. Khatib disarankan untuk mempersingkat durasi khutbah, imam Salat disarankan untuk meringankan bacaan Salat dengan ayat-ayat pendek dan diakhiri dengan qunut nazilah.

Setelah khutbah Idul Adha, jamaah disarankan untuk kembali ke rumah masing-masing. Serta sepanjang pelaksanaan Salat disarankan untuk menjaga jarak atau physical distancing.

"Pelaksanaan Salat Idul Adha bisa dilakukan di Masjid, lapangan, ataupun di rumah masing-masing," katanya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dianjurkan untuk dilakukan pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 Zulhijah atau mulai dari tanggal 31 Juli hingga 3 Agustus 2020.

(cr14/t ribun-medan.com)

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved