Breaking News:

Pemkab Langkat Salurkan Bansos ke Penggali Kubur dan Bilal Mayit se-Langkat

Tiap tahun, Pemkab Langkat memang memberi tali asih kepada para penggali kubur dan bilal mayit se-Kabupaten Langkat.

Penulis: Inadha Rahma Nidya | Editor: Mikhael Gewati (CM)
DOK. Humas Pemerintah Kabupaten Langkat
Bupati Langkat Terbit Rencana PA., pada acara Penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) secara simbolis kepada 314 penggali kubur Kecamatan Selesai mewakili penggali Kubur se-Langkat, di Aula Kantor Camat Selesai, Selasa (28/7/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Langkat Terbit Rencana PA, secara simbolis menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada 314 penggali kubur, di Aula Kantor Camat Selesai, Selasa (28/7/2020).

“Profesi penggali kubur dan bilal mayit sangatlah mulia. Untuk itu atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdiannya,” kata Terbit, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Pada hari yang sama, Terbit melalui Wakil Bupati Langkat Syah Afandin juga menyerahkan bansos secara simbolis kepada 196 bilal mayit, di Aula Kantor Camat Tanjung Pura.

Untuk diketahui, setiap tahun Pemkab Langkat memang memberi tali asih kepada para penggali kubur dan bilal mayit se-Kabupaten Langkat.

Pasalnya, sepanjang 24 jam penggali kubur dan bilal mayit siap menolong kaum muslim menyempurkan fardu kifayah tanpa ada standar upah.

Tahun ini, besaran bansos yang diberikan mencapai Rp 1,137 miliar untuk 4.548 penggali kubur, dan Rp 990.250.000 untuk 3.961 bilal mayit. Jadi, tiap penggali kubur dan bilal mayit mendapat bantuan sebesar Rp 250.000.

Tak hanya penggali kubur dan bilal mayit, Pemkab Langkat juga memberi bantuan kepada 5.007 penarik becak, dengan total bantuan mencapai Rp 250.350.000. Jadi, tiap penarik becak mendapat bantuan Rp 50.000.

“Kami tidak bisa membalasnya, ini bukan upah. Kami hanya mampu mendokan bapak, ibu, beserta keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT, diampunkan segala dosa, serta diberi kesehatan dan kemurahan rezeki,” kata Terbit.

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten (Kabag Kesos Setdakab) Langkat Syahrizal mengatakan, penyerahan bansos tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2019.

Adapun perda tersebut tentang APBD Kabupaten Langkat Tahun Anggaran 2020, serta  persetujuan terbit pada alokasi anggaran bantuan penggali kubur, penarik becak, dan bilal mayit.

“Hal ini sebagai komitmen pelaksanaan visi masyarakat Langkat maju, sejahtera, dan religius,” kata Syahrizal.

Sementara itu, terkait pencairan bansos tahun depan, Afandin mengatakan, mekanismenya menyesuaikan peraturan baru, yaitu melalui kepengurusan yang dibentuk di masing-masing kecamatan.

Afandin pun mengamanahkan para camat, kepala desa (kades), dan lurah untuk membantu penyediaan data yang akurat serta dinamis.

“Kepada pengurus saya mengingatkan, tanpa administrasi yang baik, niat baik saja tidak cukup,” kata Afandin.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved