Breaking News:

Babak Akhir Sengketa Tanah Eks PTPN

Wabup Langkat Rakor dengan Menteri ATR/BPN Bahas Sengketa Tanah Eks PTPN II

Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin rapat koordinasi bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil

HO
Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin Rapat Koordinasi bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/BPN) RI Sofyan Djalil, Rabu (29/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin rapat koordinasi bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/BPN) Sofyan Djalil.

Rakor digelar di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Jl Diponegoro, Kota Medan, Rabu (29/7/2020).

Selain Menteri Sofyan Djalil, rakor ini dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Forkofimda, Pangdam l/BB Mayjen TNI Irwansyah, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Kajati Sumut, Danlanud TNI AU, Kepala BPN Sumut, dan Direktur PTPN II.

Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil mengatakan, rakor ini sebagai tindak lanjut skema penyelesaian tanah eks Hak Guna Usaha (HGU) PTPN II.

Dia berharap hasil Rakor dapat mengatasi masalah-masalah sengketa tanah dengan masyarakat.

"Semua sertifikat tanah lama yang belum duduk atau belum lengkap secara administrasi segera didudukan atau dilengkapi. Sehingga dengan begitu bisa terlepas dari para mafia tanah. Agar tidak ada lagi tanah yang dikuasai mafia," tegasnya.

Sofyan menyampaikan, permasalahan sengketa tanah yang ada di Sumut, antara masyarakat dengan pihak PTPN II, harus diselesaikan melalui mekanisme yang sesuai dengan administrasi Pertanahan Nasional.

Adanya alas hukum yang jelas sangat utama agar masyarakat bisa melihat hak sertifikat tanah, baik yang bukan atau yang memang haknya.

Pihak Kementrian Agraria akan bekerjasama dengan TNI/ Polri, Kejati Sumut, serta semua pihak terkait.

Halaman
12
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved