Breaking News:

BESOK Idul Adha, Masjid Ghaudiyah dan Jamik Kebun Bunga Laksanakan Salat dengan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan salat ini akan berbeda dengan salat Idul Fitri lalu kita laksanakan di jalan

T RIBUN-MEDAN.com/Kartika Sari
Masjid Jamik Kebun Bunga Jalan Taruma, Kecamatan Medan Petisah, Medan 

T RIBUN-MEDAN.com- 

Beberapa masjid khususnya kota Medan saat ini sedang melakukan persiapan untuk pelaksanaan salat Idul Adha 1441 H pada Jumat (31/7/2020) besok.

Di antaranya Masjid Ghaudiyah dan Masjid Jamik Kebun Bunga, Jalan Taruma, Medan Petisah ini telah mengatur tata tertib protokol kesehatan bagi jamaah yang akan melaksanakan salat ied.

Ketua Yayasan India Muslim Sumut, Mohd Sidik Saleh mengungkapkan bahwa pelaksanaan salat akan dilaksanakan di dua masjid yang menjadi lingkup Yayasan India Muslim Sumut yaitu Masjid Ghaudiyah dan Masjid Jamik Kebun Bunga.

"Pelaksanaan salat ini akan berbeda dengan salat Idul Fitri lalu kita laksanakan di jalan, untuk Idul Adha ini kita laksanakan di dua masjid yaitu Ghaudiyah dan Masjid Jamik Kebun Bunga," ujar Sidik kepada Tribun Medan, Kamis (30/7/2020).

Pelaksanaan protokol kesehatan juga tetap menjadi prioritas dalam pelaksanaan salat di dua masjid tersebut. Untuk persiapan besok, Sidik menuturkan bahwa masjid sudah difasilitasi dengan baik.  

"Kita sudah sediakan tempat cuci tangan. Nanti sore ini sambil saya menerima hewan kurban juga sambil dipersiapkan juga apa-apa saja yang diperlukan. Kita juga sudah siapkan hand sanitizer, sabun cuci tangan kita sediakan di tempat wudhu. Kita maksimalkanlah. Kita juga sudah beli thermo gun untuk cek suhu di dua masjid kita," ujarnya.

Sidik menuturkan bahwa salat Idul Adha pada Jumat, 31 Juli besok akan dimulai pukul 07.30 WIB dengan diimami ustaz Razali dan khotib oleh ustaz mohd. Azim.

Bagi Jamaah yang memiliki suhu di atas 37,5 derajat, Sidik menuturkan untuk salat dengan menjaga jarak dengan jamaah.

"Waktu datang jamaah kita tes satu persatu, bagi jamaah yang memiliki suhu tubuh di atas yang dianjurkan, itu tidak kita ikutkan salat berjamaah, atau kita jaga jarak. Untuk anak-anak kita sediakan shaf di belakang nanti kita atur, tapi masker itu wajib," tutur Sidik.

Sidik juga mengimbau untuk pelaksanaan salat Idul Adha besok agar dapat diikuti dengan tertib untuk menjaga keamanan selama masa pandemi.

"Himbauannya agar semua jamaah bisa mengikuti apa yang telah kita sampaikan. Protokol kesehatan benar-benar dijalankan, jangan ada yang sepele agar semua jamaah dapat merasakan ketenangan dalam beribadah," pungkas Sidik.

(cr13/t ribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved