Breaking News:

Hujan Deras Sering Tumbangkan Pohon di Jalan, Warga Medan Berharap Ada Penataan Pohon

Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M. Husni mengungkapkan bahwa beberapa pohon sudah waktunya membutuhkan perawatan atau peremajaan.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan memotong pohon yang tumbang di persimpangan Jalan Sudirman dan Jalan Juanda, Medan, Sabtu (25/7/2020). Pohon tumbang yang menutupi badan jalan tersebut akibat terkena angin kencang disertai hujan, menyebabkan arus lalu-lintas macet. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Meningkatnya intensitas curah hujan beberapa hari belakangan di kota Medan menyebabkan beberapa pohon di kota Medan mengalami tumbang.

Teranyar, pohon tumbang terjadi di dua daerah sekaligus yaitu Pasar Merah, Kecamatan Medan Area dan Jalan Eka Warni, Kecamatan Medan Johor yang serentak tumbang pada Selasa (28/7/2020) sore saat terjadi hujan deras.

Semakin meningkatnya pohon tumbang di Medan ini turut menimbulkan kekhawatiran warga. Diantaranya Ditmar, penjual bensin eceran yang berada di sekitaran daerah tersebut.

Ditmar mengaku resah dan khawatir jika sewaktu-waktu pohon dapat memakan korban jika hal ini dibiarkan terjadi.

"Khawatirlah pastinya. Semalam saja pohon tumbang sebabkan kemacetan panjang. Bagaimana jika nanti sewaktu-waktu bakal ada korban. Masa dibiarkan aja. Kita berharapnya pemko Medan ini lebih perhatian lah sama pohon-pohon. Apalagi disini beberapa akarnya sudah mulai naik. Was-was kita," ungkap Ditmar.

Pohon Tumbang di Depan Rumah Dinas Gubernur Sumut Bukan Milik Pemko, Begini Penjelasan DKP

Senada dengan Ditmar, Mutiara Hasanah yang turut menyaksikan tumbangnya pohon di daerah Kecamatan Medan Johor ini juga turut prihatin dengan kondisi pohon yang mudah rapuh.

"Takut pasti ya. Gimana kalau kita pas lagi berteduh atau lagi jalan tiba-tiba pohonnya tumbang. Apalagi kalau dilihat banyak pohon yang kurang cantik penempatannya.

Mau dia miring sekali. Ya kita berharapnya dibaguskanlah atau diatur lah dulu pohon ini biar tidak cepat tumbang. Kan pohon ini juga bagus untuk nahan banjir. Kita maunya ini ya ditata baguslah," ujar Mutiara.

Pohon tumbang ini biasanya terjadi pada saat hujan deras yang disertai angin kencang.

Pohon Tumbang di Jalanan Depan Rumah Dinas Gubsu, Arus Lalu Lintas Macet

Saat Tri bun Medan beberapa waktu lalu menghubungi Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M. Husni mengungkapkan bahwa beberapa pohon sudah waktunya membutuhkan perawatan atau peremajaan.

"Mungkin ada beberapa titik kota akan terjadi penataan. Penataan itu kan enggak harus dari APBD, bisa juga dari pihak ke-tiga. Bank Sumut juga sudah mau itu ditata, Jalan Sudirman keliling depan jembatan itu kan Pohon Tua sudah Lapuk, semua ini lagi di lobi-lobi untuk ditata ulang.

Jadi bukan hanya satu kawasan, ada lima atau enam kawasan yang coba kita komunikasikan untuk menjadi pohon yang memiliki estetika kota ketimbang rawan dari segi bencana," ucap Husni.(cr13/tri bun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved