Breaking News:

PERINGATAN DINI BMKG, Inilah Wilayah Sumut Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Peringatan dini, Sumut berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir

T RIBUN-MEDAN.com/DANIL SIREGAR
Pengendara berusaha melintasi banjir yang menggenangi Jalan Hayam Wuruk, Medan, Senin (27/7/2020). Hujan deras yang mengguyur menyebabkan sejumlah jalan tergenang banjir, akibat buruknya saluran drainase. 

T RIBUN-MEDAN.com, Medan -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan menyampaikan, prakiraan cuaca, bahwa akan adanya hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang pada hari ini, Kamis (30/7/2020).

Kepala Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan memberikan penuturan terkait hal ini.

Hujan deras yang mengakibatkan genangan banjir di Jalan Dr Mansyur Kota Medan pada Senin (27/7/2020)
Hujan deras yang mengakibatkan genangan banjir di Jalan Dr Mansyur Kota Medan pada Senin (27/7/2020) (T RIBUN-MEDAN.com/Maurits Pardosi)

"Pada siang hari, berpotensi berawan hingga siang hari," ujar Kepala Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan saat dikonfirmasi pada Kamis (30/7/2020).

Berbeda dengan sore hingga malam hari, sebagian wilayah Sumatera Utara akan alami hujan sedang hingga lebat.

Bukan hanya hujan lebat, BMKG wilayah I Medan memprediksi bahwa hujan lebat tersebut akan disertai petir dan angin kencang.

"Dari prakiraan, sejak sore hingga malam hari, kawasan Sumut berpotensi berawan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Pegunungan, Hingga Lereng Timur Sumatera Utara," terangnya.

Menteri ATR BPN Kembali Berupaya Selesaikan Sengketa Tanah Eks HGU PTPN II di Sumut

Dia juga melanjutkan dengan prediksi cuaca untuk dini hari.

"Pada dini hari, wilayah Sumut berawan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Pegunungan, Hingga Lereng Timur Sumatera Utara," terangnya.

Oleh karena itu, pihak BMKG memberitahukan kepada seluruh masyarakat adanya peringatan dini sehubungan dengan cuaca ini.

"Peringatan dini, Sumut berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada sore hingga malam hari di sebagian wilayah Langkat, Medan, Deli Serdang, Karo, dan sekitarnya," ujarnya.

"Suhu udara antar 18-31 derajat celcius dan kelembapan udara antara 65 hingga 97 persen," pungkasnya.

(cr3/t ribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved