Breaking News:

Perayaan Idul Adha di Sumut

Bagikan 1200 Kupon, Hewan Kurban Masjid Jamik Kebun Bunga Meningkat Saat Pandemi

Pada tahun ini, Masjid Jamik menyembelih delapan ekor lembu dan 10 ekor kambing yang mengalami peningkatan hewan kurban dari tahun sebelumnya.

TRIBUN MEDAN/KARTIKA
DOKUMENTASI pemotongan hewan kurban di pelataran Masjid Jamik Kebun Bunga, Jalan Taruma, Kecamatan Medan Petisah, Medan, Jumat (31/7/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Puluhan penyembelih hewan kurban tampak sibuk mencincang daging kurban di pelataran masjid Jamik Kebun Bunga, Jalan Taruma, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Medan, Jumat (31/7/2020).

Ketua Yayasan India Muslim Sumut, Mohd Sidik Saleh mengungkapkan, prosesi penyembelihan kurban dimulai sejak selesai salat Idul Adha.

"Pemotongan dari mulai ba'da salat Idul Adha langsung kita mulai bergerak. Alhamdulillah sampai saat ini sudah terpotong empat lembu, nanti setelah ba'da Jumat kita potong lagi empat lembu," ungkap Sidik.

Pada tahun ini, Masjid Jamik menyembelih delapan ekor lembu dan 10 ekor kambing yang mengalami peningkatan hewan kurban dari tahun sebelumnya.

"Untuk penyembelihan ini ada delapan lembu dan 10 ekor kambing. Alhamdulillah tahun ini jauh ada peningkatan. Walaupun lagi masa pandemi Covid, tapi mereka semangat untuk berkurban lebih besar. Jadi di tahun lalu itu kita sembelih tujuh ekor lembu dan enam kambing," tuturnya.

Tak Lupa Idul Adha, Gelandang PSMS Eli Nasoka Kembali Berkurban Kambing

Tambahnya, Sidik mengatakan bahwa pengaruh peningkatan ini dikarenakan faktor dari para jamaah haji yang tidak dapat berangkat ke tanah suci saat wabah corona masih melanda.

Masjid Jamik membagikan total 1200 kupon yang akan dibagikan ke beberapa daerah, diantaranya Belawan, Binjai, Perbaungan, dan sekitaran kota Medan.

"Hari ini kita akan bagi 1200 kupon yang akan kita bagikan ke daerah Belawan, Binjai, daerah Perbaungan, dan kota Medan. Untuk sistemnya kita lihat dahulu yang kita bagikan kepada orang-orang di lingkungan sekitar, orang kampung, dan seperti di Belawan dan Binjai kita bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan," ujarnya.

Puluhan warga tampak memadati pelataran masjid untuk menunggu pembagian jatah kurban dengan sistem pembagian kupon.

Diantaranya ada Ima yang rutin tiap tahun mendapatkan kupon dari Masjid Jamik Kebun Bunga.

Sambut Hari Raya Idul Adha, Pertamina Amankan Pasokan Energi di Sumut

"Kalau dapat kupon ini sudah dari tahun 1995 tiap tahun dapat karena kita sekitaran warga sini juga. Senang ya dapat, apalagi kita dengar tahun ini ada tambah hewannya juga. Semoga semakin meningkat kedepannya," ujar Ima.

Dalam pemotongannya, Masjid Jamik Kebun Bunga sendiri sudah masuk tahun ketiga menggunakan mesin pemotong tulang. Sidik menuturkan bahwa hal ini untuk mempermudah pembagian tulang secara merata.

"Proses pemotongan kita disini tulang kita potong dengan mesin. Jadi tulang ini benar-benar bisa dimanfaatkan dengan pemotongan yang ideal. Kalau dulu kita pakai manual, banyak tulang yang terlalu besar dan tidak dapat dipotong, kalau inikan bisa dipotong dengan ukuran ideal," ucap Sidik.(cr13/tri bun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved