Breaking News:

Perayaan Idul Adha di Sumut

Laksanakan Protokol Kesehatan, Kurban Masjid Al-Jihad Medan Baru Berkurang Dibanding Sebelumnya

Tahun ini terjadi pengurangan warga yang berkurban. Tahun sebelumnya terdapat 15 ekor lembu, dan 50 ekor kambing yang dikurbankan.

TRIBUN MEDAN/GITA NADIA
PARA petugas pemotong daging kurban di Masjid Al-Jihad Medan menggunakan masker dan faceshield, Jumat (31/7/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Lantunan takbir mengiringi penyembelihan hewan kurban di Masjid Al-Jihad Medan, Jalan
Abdullah Lubis, Babura, Kecamatan Medan Baru, Jumat (31/7/2020).

Puluhan warga mulai anak-anak hingga orang dewasa turut menyaksikan proses penyembelihan belasan kurban yang dilaksanakan di halaman samping masjid.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Masjid Al-Jihad Medan baru, tahun ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam penyembelihan, pemotongan hingga pembagian daging kurban.

Pantauan Tri bun-Medan, di lokasi penyembelihan telah disediakan wastafel pencuci tangan, lengkap dengan air mengalir serta sabun.

Selain itu, disediakan pula bilik disinfektan bagi warga ataupun petugas kurban. Khusus bagi petugas pemotong disediakan masker dan faceshield.

Tak Lupa Idul Adha, Gelandang PSMS Eli Nasoka Kembali Berkurban Kambing

Panitia kurban Masjid Al-Jihad Medan Baru, M. Shoufi mengatakan tahun ini terjadi pengurangan warga yang berkurban. Dikatakannya tahun sebelumnya terdapat 15 ekor lembu, dan 50 ekor kambing yang dikurbankan.

"Hari ini mesjid al-jihad Medan Baru berkurban 17 ekor lembu dan 33 ekor kambing dibandingkan tahun lalu ada pengurangan," ucapnya.

M. Shoufi mengatakan warga yang berkurban tidak hanya berasal dari Kecamatan Medan baru saja.

Namun dari kecamatan lain hingga instansi dan pemerintahan.

"Ada dari luar daerah sini termasuk ada dari gubernur Sumatera Utara, protokol kesehatan yang kita jalankan wajib memakai masker bagi panitia, memakai sarung tangan, facesheild, juga kita ada sediakan bilik disinfektan sterilisasi dan menjaga jarak," ucapnya.

Penampilan Mantan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Ikut Salat Idul Adha di Lapas Tanjunggusta

seperti tahun-tahun sebelumnya masjid Al-Jihad juga akan membagikan 200 lebih porsi daging siap santap untuk masyarakat yang melaksanakan salat dzuhur di masjid.

"Untuk jamaah yang salat dauhur di sini, Insya allah ada 200 atau 300 paket daging kurban yang sedang dimasak secara kalio, itu seperti masak rendang, cuman agak encer lebih mirip kari. Insya Allah siapa saja boleh makan, selama persediaan masih ada," katanya.

Selanjutnya daging kurban tersebut katanya akan dibagikan ke warga sekitar Medan Baru, namun tidak menutup kemungkinan dibagikan pula ke warga luar kecamatan. Selain itu seperti tahun-tahun sebelumnya, masjid ini juga menyediakan ratusan porsi daging kurban siap santap bagi jamaah salat Jumat.

Rayakan Idul Adha, Pemprov Sumut Sumbang 155 Hewan Kurban di 33 Wilayah, Bagi 15 Ribu Kupon ke Warga

Ia berharap Hari Raya Idul Adha ini menjadi momentum umat muslim untuk saling berbagi, sekaligus menjalin silaturahmi.

"Kupon daging sudah kita sebarkan sebanyak 1.324 kupon. Kita utamakan untuk wilayah sekitar sini, dan Insya Allah seperti tahun sebelumnya ada juga dibuat masak dan makan bersama di sini. Menunya hari ini ada kari kambing sama kalio daging. Nanti itu kita kasi untuk umat yang selesai salat Jumat di sini. Harapannya semoga semuanya berjalan lancar dan semoga Covid ini segera selesai," ucapnya.(cr21/tri bun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved