Breaking News:

USU Peringkat Ke-7 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia

Universitas Sumatera Utara (USU) meraih peringkat ketujuh Perguruan Tinggi Negeri Terbaik versi Webometrics pada Januari 2020.

T R I BUN-MEDAN.com/Chandra Simarmata
Gedung Rektor/Pusat Administrasi USU 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Universitas Sumatera Utara (USU) meraih peringkat ketujuh perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia versi Webometrics pada Januari 2020.

"Posisi USU pada pemeringkatan Webometrics Januari 2020 berada di Peringkat 1871 dunia, dan Peringkat 8 di Indonesia," ujar Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Elvi Sumanti, Sabtu (1/8/2020).

Dikatakannya, pada Juli 2020 peringkat USU berhasil melonjak hingga 307 peringkat dan berada di peringkat 1.564 di dunia.

"Pada Juli 2020 peringkat USU berada di peringkat 1.564 dunia berarti mengalami kenaikan 307 peringkat. Namun di Indonesia USU tetap pada posisi peringkat 8 Perguruan Tinggi di Indonesia dan peringkat 7 PTN di Indonesia," katanya.

"Capaian yang luar biasa karena dalam 6 bulan di tingkat dunia USU berhasil memperbaiki peringkatnya 307 peringkat," tambah Elvi.

Sementara itu, melalui website resmi USU, Rektor Runtung Sitepu juga menyatakan hal yang sama.

Runtung mengungkapkan apresiasinya kepada civitas akademika USU yang sudah berkontribusi dalam kenaikan peringkat USU versi Webometrics.

"Capaian yang luar biasa ini karena dalam 6 bulan, di tingkat dunia, USU berhasil memperbaiki peringkatnya sebanyak 307 peringkat. Saya mengucapkan terima kasih untuk seluruh kinerja dan kerjasama kita semua, civitas akademika USU, yang telah memungkinkan tercapainya prestasi ini," ungkapnya.

Dilansir dari Kompas.com, ada empat aspek yang dinilai Webometrics dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi, antara lain presence, impact, openness, dan excellence.

Presence diukur berdasarkan jumlah situs web, termasuk sub domain yang ada di suatu perguruan tinggi.

Untuk aspek impact dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar.

Kemudian, aspek opnenness diukur dari jumlah file berbagai jenis (.pdf, .doc, .ps, .eps, .docx, .ppt, atau .pptx), yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas.

Sementara, aspek excellence dinilai berdasarkan jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas akademika universitas tersebut.

Berdasarkan situs resmi Webometrics, tujuh perguruan tinggi lainnya yang masuk dalam jajaran 10 besar Webometrics Indonesia adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Telkom, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

(cr14/tribun-medan.com)

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved