Breaking News:

Wisata Sumut Saat Libur Idul Adha

Pengunjung Istana Maimun Membeludak, Warga Sampai Antre Untuk Masuk

Jumlah pengunjung Istana Maimun, Kota Medan, mengalami lonjakan pada hari ini, Minggu (2/8/2020).

TRIBUN MEDAN/MAURITS
SUASANA pengunjung Istana Maimun hari Minggu (2/8/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Jumlah pengunjung Istana Maimun, Kota Medan, mengalami lonjakan pada hari ini, Minggu (2/8/2020).

Para pengunjung bahkan rela antre untuk menunggu giliran masuk lantaran adanya pembatasan jumlah pengunjung di kawasan tersebut.

Tengku Ham, Pemandu dan Juru Kunci Istana Maimun, menuturkan bahwa peningkatan jumlah pengunjung terlihat sejak libur Idul Adha yang jatuh pada Jumat (31/7/2020).

"Sejak tiga hari terakhir inilah jumlah pengunjung bertambah, sejak Idul Adha, walau kita buka setengah hari ya," ujar Tengku Ham, Minggu (2/8/2020).

Meski begitu, ia menuturkan, bahwa pengunjung Istana Maimun mengalami penurunan dibandingkan hari biasa sebelum pandemi Covid-19.

"Yang datang ke sini pada umumnya adalah orang Medan sekitarnya. Mereka secara umum sudah tahu bagaimana sejarah Istana Maimun ini, tapi kita tetap berikan panduan," sambung Tengku Ham.

Diketahui, Istana Maimun diberikan izin buka kembali pada Minggu (7/6/2020) lalu.

Penerimaan tamu yang datang dengan mempertimbangkan penerapan konsep new normal yang akan diterapkan di lokasi peninggalan sejarah Kesultanan Melayu Deli ini.

Sebelumnya, Istana Maimun ditutup sejak pertengahan Maret lalu akibat pandemi Covid-19 yang merebak di Indonesia.

Setelah sekitar tiga bulan ditutup demi mencegah penyebaran Covid-19, Istana Maimun yang berada di Kota Medan ini kembali dibuka untuk umum.

Tengku Moharsyah Nazmi, pemandu wisata Istana Maimun menyampaikan bahwa para pengunjung yang datang sudah menjalankan protokol kesehatan sejak dari areal parkir.

Dia juga menegaskan bahwa adanya perbedaan jumlah pengunjung dengan adanya pemberlakuan protokol kesehatan pada masa new normal saat ini.

Tengku Ham menuturkan bahwa seiring berjalannya waktu, pertambahan jumlah pengunjung terlihat dengan data pada hari ini, sekitar pukul 15.00, jumlah pengunjung sudah mencapai 230 orang.

"Inilah jumlah pengunjung sudah mencapai 230-an orang, ini masih jam segini. Artinya masih ada kemungkinan akan datang," pungkasnya.

(*)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved