Breaking News:

Sampah 16 Ton Jalan Asrama Dibersihkan Camat Sunggal Deliserdang, Imbau Warga Sadar Terhadap Sampah

Sebelumnya, Camat Medan Helvetia dan Camat Sunggal Deliserdang saling lempar tanggung jawab mengenai batas wilayah sampah di Jalan Asrama.

TRIBUN MEDAN/KARTIKA
DOKUMENTASI lokasi Jalan Asrama Medan yang sebelumnya dipenuhi tumpukan sampah yang telah diangkut oleh pihak Kecamatan Sunggal Deliserdang. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN -  Tumpukan sampah sepanjang belasan meter di Jalan Asrama yang sempat merusak estetika jalan sudah diangkut oleh Kecamatan Sunggal, Deliserdang beberapa hari lalu.

Sebelumnya, kedua Camat Medan Helvetia dan Camat Sunggal Deliserdang saling lempar tanggung jawab mengenai batas wilayah sampah yang terletak di Jalan Asrama, Medan, Sumatra Utara ini.

Camat Sunggal Deliserdang, Ismail mengungkapkan bahwa pihaknya langsung mengangkut sampah setelah pihak Tribun Medan mengonfirmasi perihal sampah yang mengular tersebut.

Ismail menuturkan bahwa sampah belasan meter itu membutuhkan empat truk sampah dengan berat 16 ton.

"Ya sampah sudah kita angkat, sore setelah Tribun Medan telpon langsung kita angkat di hari itu juga oleh kecamatan Sunggal Deliserdang. Kemarin kita turunkan empat truk, kalau 1 truk dia empat ton berarti ada 16 ton lah sampah itu," ujar Ismail kepada Tri bun Medan, Minggu (2/8/2020).

Kampanyekan Minim Sampah, PKPA Medan Ajak Anak Muda Jadi Agent of Change Bebas Plastik

Ismail menuturkan bahwa permasalahan wilayah ini sering terjadi oleh dua kecamatan dengan saling tolak-tolakan mengenai wilayah sampah.

"Masalah perbatasan kita seringnya gitu, Medan bilang kalau wilayah sampah itu milik Deliserdang, padahal batas wilayahnya sungai Berdera. Kalau sudah ke Jalan itu masuk ke Medan Helvetia, kota Medan.

Selama ini masalah sampah selalu kita tolak-tolakan tapi kalau membawa rezeki selalu tarik-tarikan. Tapi kami yauda tidak usah masalahkan lah, kalau ada kesempatan kami angkat ya diangkat," ucap Ismail.

Setelah pengangkutan sampah tersebut, Ismail menuturkan bahwa pihak kecamatan Sunggal Deliserdang melakukan penanaman tumbuhan di beberapa titik untuk mencegah masyarakat membuang sampah sembarangan.

Program Konservasi Pantai dari Pertamina, Sampah Diolah Jadi Berkah

"Makanya setelah sampah diangkut ini kami ada beberapa tanami bunga-bunga di pinggir itu. Bunganya ya tidak mahal-mahal lah. Tapi dia yang diseberang parit kami buat," kata Ismail.

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved