Breaking News:

Umat Hindu Rayakan Adhi Maha Puja Saat Pandemi, Kuil Shri Karumariamman Batasi untuk 150 Tamu

Ketua Shri Karumariamman, Matha Riswan menuturkan, dalam perayaan tahun ini sudah mendapat izin dari pihak pemerintah setempat.

TRIBUN MEDAN/RISKY
DOKUMENTASI pelaksanaan hari ketiga untuk ritual Sakti Karagam dalam perayaan Adhi Maha Puja, Minggu (2/8/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Perayaan Adhi Maha Puja tahun ini dirayakan secara berbeda oleh masyarakat hindu di beberapa kuil khususnya di kuil Shri Karumariamman, Jalan Palapa, Kabupaten Deli Serdang mulai Jumat, 31 Juli hingga 4 Agustus 2020.

Perayaan ini gelar selama lima hari mulai dari Jumat dimulai dengan penaikan bendera sebagai tanda dimulai. Pada hari kedua, pihak kuil melakukan pengarakan dewi untuk mengelilingi kampung untuk memberikan rasa berkatnya kepada masyarakatnya terutama masyarakat hindu.

Pada hari ketiga, umat Hindu melakukan pemujaan dan kegiatan memasak bubur dan memberikan kepada Dewi Mariamman yang dilanjutkan dengan ritual Sakti Karagem.

Selanjutnya pada hari keempat dilaksanakan kegiatan Laksmi Puja Hindu yang diperuntukkan khususnya ibu-ibu dan wanita menggunakan sari dan menghidupkan cahaya untuk pemberkatan Dewi Mariamman.

PERAYAAN Adhi Maha Puja, Umat Hindu Tamil Gelar Ritual Tusuk Lidah Ditengah Pandemi Covid-19

Selanjutnya pada hari terakhir yang dilaksanakan pada hari ini, Selasa (4/8/2020), para umat Hindu di kuil tersebut dilaksanakan upacara penurunan bendera sebagai berakhirnya acara.

Ketua Shri Karumariamman, Matha Riswan menuturkan,  dalam perayaan tahun ini sudah mendapat izin dari pihak pemerintah setempat.

"Terkait pandemic Covid-19 ini, kita berupaya menyederhanakan perayaan kita tanpa mengurangi nilai agama, adat, dan budaya kita. Kita juga sudah menyampaikan surat secara lisan permohonan pelaksanaan kita kepada pemda setempat Bupati, Polri, dan Lain-lain," ungkap Riswan

Perayaan Adhi Maha Puja sendiri dilaksanakan untuk memuja dewi Shri Mariamman yang jatuh pada 17 Juli hingga 16 Agustus dan ini menjadi tahun kesembilan diadakan di kuil tersebut.

Persatuan Pemuda Hindu Bagikan Masker untuk Pengguna Jalan di Medan

Perayaan ini memiliki rangkaian ritual selama lima hari berturut-turut, diantaranya upacara Sakti Karagem. Riswan menuturkan bahwa dalam ritual ini para orang yang bernazar dengan berkeliling Sakti Karagem.

"Upacara Sakti Karagam, ini sebuah bentuk bunga yang dihias sedemikian rupa yang melambangkan kesaktian dari dewi Parwati tadi yang diangkat oleh orang yang bernazar selama 41 hari tidak memakan amis tidur di rumah ibadah dan bernazar untuk mengangkat sakti karagam menuju rumah ibadah tersebut," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved