Breaking News:

Sindikat Pembongkar Toko Ditangkap Tim Polres Taput, Satu Pelaku Dijemput dari Pekan Baru

Jejak yang tinggal di tempat kejadian itulah yang dikembangkan polisi melalui olah TKP di lapangan untuk mampu mengungkap pelaku kejahatan.

TRIBUN MEDAN/ARJUNA
TIGA anggota sindikat pembongkar rumah ditahan di Polres Tapanuli Utara. 

TRI BUN-MEDAN.com, TAPUT - Tiga tersangka pencurian di dalam toko di kawasan Pajak Tarutung ditangkap Polres Taput. 

"Tim Sat Reskrim kita telah menangkap pencuri itu atas terjadinya pencurian toko milik Harapan Simorangkir di sekitaran pajak Tarutung," ujar Kasubbag Humas Polres Taput Aiptu Walpon Baringbing di Mako Polres Taput, Rabu (5/8/2020).

Pengungkapan kasus yang direncanakan oleh pelaku pada saat malam hari serta mengatur strategi agar tidak diketahui pemiliknya atau pun orang lain tergolong tidak mudah. Namun, kata Walpon jejak yang tinggal di tempat kejadian itulah yang dikembangkan polisi melalui olah TKP di lapangan untuk mampu mengungkap pelaku kejahatan.

Sebelumnya, Polres Taput menerima pengaduan, kemudian dilakukan pengembangan.

Dari hasil olah TKP dan penyelidikan, akhirnya Polres Taput pun berhasil mengungkap dan menangkap pelakunya.

Berulangkali Lakukan Pencurian Motor, Polisi Polres Binjai Tembak Rudi di Bagian Kaki

Tersangka yang ditangkap pertama sekali yaitu Crisman Zega (24) warga Jalan FL Tobing Tarutung pada Kamis 30 Juli 2020 lalu di rumahnya. Hasil pengembangan dari tersangka Zega masih ada dua orang pelaku yang lain yakni Joel Sihite (26), warga Simaungmaung Pea Tarutung dan Lucky Lumbantobing (28), warga Jalan Raja Saul Tarutung.

"Kemudian tim kita mencari keberadaan kedua tersangka tersebut. Dari hasil penyelidikan dan pengumpulan informasi, kita mengetahui keberadaan tersangka JS di pekan baru. Atas informasi tersebut, kita melakukan koordinasi dengan Polres setempat di Pekan Baru," kata Walpon.

Kemudian, Minggu (2/8/2020) Tim Opsnal Polres Taput berangkat ke Pekanbaru dan pada hari Senin (3/8/2020) tersangka berhasil ditangkap bersama dengan Resmob Pekan Baru.

Lalu tersangka dibawa ke Polres Taput dilakukan pemeriksaan.

"Dari hasil pemeriksaan tersangka JS, didapat perkembangan bahwa LL terlibat, dan masih berada di Tarutung. Dan anggota kita bergerak dan menangkap tersangka LL dari kediamannya di Tarutung," katanya.

Pura-pura Cari Makanan Hewan Ternak, Pelaku Pencurian Betor Ditangkap Polisi

Ketiga tersangka mengakui bahwa mereka bersama-sama melakukan pencurian dari toko milik HS sabtu (18/6/2020) pukul 04.00 WIB dini hari.

Saat tersangka melakukan pembongkaran toko, pemiliknya tidak ada di toko. Mereka masuk dengan mencongkel jendela lalu masuk ke dalam dan mengambil barang berupa dua unit loudspeaker merk Sharp, uang tunai RP 1.450.000 dan tiga buah tabung gas LPG 3 kg.

Mereka menjual barang curiannya kepada Rahmad Piliang yang juga warga Tarutung. Saat ini polisi masih mengejar RP dan keberadaannya sudah tidak ditempatnya tinggal lagi.

"Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, ketiga tersangka telah kita tahan di RT Polres Taput guna kepentingan penyidikan," ujar Walpon.(jun/tri bun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved