Breaking News:

Mahfud MD Sebut Banyak Dokter Meninggal Dunia Karena Kelelahan dan Stres Tangani Pasien Covid-19

Mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut, Kompas.com menghubungi Sekretaris Tim Audit dan Advokasi Kematian Dokter PB IDI.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
MENKO POLHUKAM MAHFUD MD 

T R I B U N-M E D A N.com- MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan, banyak dokter meninggal dunia dikarenakan kelelahan dan stres menangani pasien Covid-19

Oleh sebab itu, pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap para dokter di Indonesia.

Bahkan, menyediakan insentif dan santuan pada para tenaga medis secara keseluruhan.

Dari data Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ada 74 dokter yang meninggal dalam 5 bulan terakhir karena virus corona Covid-19

Lantas, benarkah banyak dokter yang meninggal itu juga karena lelah dan stres menangani pasien Covid-19?

Hubungan tidak langsung

Mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut, Kompas.com menghubungi Sekretaris Tim Audit dan Advokasi Kematian Dokter PB IDI, Dr. dr. Mahlil Ruby, MKes.

Menurut Ruby, ungkapan Mahfud MD yang mengatakan banyak dokter kelelahan dan stres menangani pasien Covid-19 hingga akhirnya meninggal, merupakan hubungan secara tidak langsung.

Tetapi, lanjut Ruby, bahwa memang benar banyak dokter yang kelelahan karena harus menangani pasien Covid-19 yang cukup banyak sehingga dokter juga kurang istirahat.

Di sisi yang lain, para dokter juga bekerja dalam lingkungan risiko tinggi tertular Covid-19 sehingga dapat menimbulkan stres dalam bekerja.

Halaman
123
Editor: jefrisusetio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved