Pemkab Langkat Apresiasi USU Atas Penunjukan Desa Binaan di Langkat

Sekda Langkat mengapresiasi USU lewat program pemberdayaan desa yang membntu percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

DOK. Humas Pemkab Langkat
Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Indra Salahudin dalam kegiatan serah terima produk hasil kegiatan Desa Binaan USU di Jambur Bandar Meriah, Desa Pekan Sawah Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat, Sabtu (8/8/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Indra Salahudin mewakili Bupati Langkat merespon baik ditunjukkan desa binaan di Kecamatan Sei Bingai oleh Lembaga Pengabdian dan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (USU).

“Kepada civitas akademika USU terima kasih atas ilmu yang telah dibagikan sekaligus memberi peningkatan  pengetahuan kepada masyarakat dengan berbagai produk hasil yang ditemukan,” katanya.

Dia mengatakan itu dalam serah terima produk hasil kegiatan Desa Binaan USU di Jambur Bandar Meriah, Desa Pekan Sawah Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat, Sabtu (8/8/2020).

Indra menyebut, USU telah melibatkan diri dalam upaya percepatan pembangunan dan kesejahteraan di masyarakat melalui kegiatan baik yang bersifat pembinaan, pengabdian mahasiswa, maupun pemikiran dan lainnya.

Ke depan, lanjutnya, pihaknya terus berharap, baik kepada dunia pendidikan dan usaha,  memberikan  kontribusi bagi pembangunan daerah ini.

“Khususnya ide gagasan untuk membuka  peluang usaha , agar meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” ujarnya seperti keterangan tertulisnya.

Dia juga menyebut, Kecamatan Sei Bingai kini pun menjadi penopang kuat bagi ketersedian lumbung pangan di Langkat, khususnya padi. 

Kemudian, kecamatan ini juga tumbuh sebagai kawasan wisata, salah satunya adalah Pangkal Namu Sira-sira dan sejumlah objek wisata lainnya.

Sementara itu, Rektor USU Runtung Sitepu mengatakan, program ini merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi yang pelaksanaanya dikoordinir Lembaga Pengabdian Masyarakat USU.

Program ini dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat dengan memecahkan masalah yang dihadapi di pedesaan.

Sebab, lanjutnya, kemajuan pedesaan, sangat mempengaruhi stabilitas nasional, baik dari segi ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan keamanan.

“Jadi program desa binaan ini, sebagai bentuk dukungan dan kepedulian dari USU untuk mempercepat pengembangan kawasan Desa. Selain itu, pengembangan kawasaan pedesaan  telah menjadi isu penting  dalam 5 tahun terakhir,” katanya.

Runtung menyebutkan pula, kegiatan ini adalah pelaksanaan rangkaian kegiatan akhir program pengabdian pada masyarakat Skema Desa Binaan.

Program ini pun hasil kerja sama antara USU dan Pemerintah Kabupaten Langkat, khususnya Pemerintah Desa Pekan Sawah Kecamatan Sei Bingai Langkat Tahun Anggaran 2020.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved