Breaking News:

Bupati Taput Resmikan Rumah Pembibitan Kemenyan Komunitas Masyarakat Adat Tornauli

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan meresmikan Rumah Pembibitan Kemenyan, Komunitas Masyarakat Adat Huta Tornauli, Desa Manalu Dolok.

Penulis: Arjuna Bakkara | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan meresmikan Rumah Pembibitan Kemenyan, Komunitas Masyarakat Adat Huta Tornauli, Desa Manalu Dolok, Kecamatan Parmonangan, Rabu (12/8/2020). 

TRIBUN-MEDAN.COM, TAPUT - Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan meresmikan Rumah Pembibitan Kemenyan, Komunitas Masyarakat Adat Huta Tornauli, Desa Manalu Dolok, Kecamatan Parmonangan, Rabu (12/8/2020).

Peresmian dimaksud ditandai dengan seremonial pengguntingan pita, rumah pembibitan seluas kurang lebih 500 meter tersebut.

Dalam sambutannya, bupati menegaskan segera menuntaskan pembentukan Peraturan Daerah (perda) Tapanuli Utara tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat.

Dia juga berjanji akan mendukung pembibitan yang dibuat oleh masyarakat, baik berupa pengembangan, pemberdayaan, dan pemasaran.

"Pada prinsipnya pemkab sangat mendukung adanya pembibitan ini. Kita akan berupaya, bagaimana rumah pembibitan inj menjadi sentral di Kabupaten Tapanuli Utara, bahkan di kawasan Danau Toba,” tegas Nikson.

Sebagai bentuk dukungan pertamanya, bupati memesan bibit kemenyan sejumlah 20.000 pokok.

Nikson berjanji, jika kualitas bibit yang dipesannya pada tahap awal ini baik, maka pemesanan terhadap bibit dimaksud akan dilakukan secara berkelanjutan.

Ketua BPH AMAN Tano Batak, Roganda Simanjuntak, dalam sambutannya menegaskan, pihaknya tetap berkomitmen dalam mendukung perjuangan masyarakat adat.

Dia mendesak Pemkab Taput agar segera menerbitkan Perda Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat di Tapanuli Utara.

Besar harapannya, masyarakat adat Tornauli sebagai salah satu komunitas adat di Tano Batak, segera mendapat pengakuan dan perlindungan secara hukum.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved