Breaking News:

Medan Artgustusan, Kolaborasi Seniman Medan Unjuk Kreativitas Sambut HUT ke-75 RI

Acara Medan Artgustusan menjadi momen bagi para seniman untuk kembali berkarya setelah vakum beberapa waktu lalu.

TRIBUN MEDAN/KARTIKA
DOKUMENTASI penampilan tatto dalam rangkaian acara Medan Artgustusan di Ruang Seni Kopi, Medan, Sabtu (15/8/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Jelang momen perayaan HUT ke-75 RI, para seniman kota Medan berinisiatif menggagas acara bertajuk Medan Artgustusan di Ruang Seni Kopi, Sabtu (15/8/2020).

Koordinator acara, Fedrico Purba mengungkapkan, acara Medan Artgustusan menjadi momen bagi para seniman untuk kembali berkarya setelah vakum beberapa waktu lalu.

"Sebenarnya yang melatarbelakangi kegiatan ini dari bentuk kerinduan kawan-kawan yang ingin berjumpa lagi. Sebelumnya kita juga sudah lama tidak buat kegiatan lagi jadi di momen 17an ini kita ajak kawan-kawan untuk bertemu lagi namun tetap dengan protokol kesehatan," ungkap Fedrico.

Medan Artgustusan menampilkan rangkaian kegiatan menarik mulai dari Tatto Show dan gangbang piercing, mural, graffity, music acoustic, puisi, hingga creative booth yang diisi oleh para seniman kota Medan hingga luar kota Medan.

Adapun para seniman yang turut meramaikan diantaranya @waxgenkz, @alexandriacastlevania (siantar), @fedrichopurba, @fanhaz_tattoo (bali), @artmoodvit (bali), @deffinferno, @ieamsyah (siantar).

SMK dan SMA Penerbangan Adakan Gebyar Pentas Seni SMP Se-Kota Medan

Dalam membuat acara ini, Fedrico menegaskan akan tetap memaksimalkan protokol kesehatan.

"Dalam melaksanakan kegiatan ini kita menekankan protokol kesehatan seperti harus menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan hand sanitizer," ujarnya.

Acara berlangsung meriah yang dimulai pukul 15.00 hingga 22.00 WIB. Fedrico menuturkan bahwa salah satu kegiatan yang seru yaitu ada piercing perfomance.

"Kita nanti ada piercing perfomance. Jadi nanti dia ada penampilan penindikan tapi bukan hanya di bagian telinga tapi bisa di badan yang namanya body piercing. Terus nanti ada tatto perfomance juga nanti satu orang di tatto rame-rame," ucap Fedrico.

Selain penampilan seni tato, juga ada penampilan musik dan bincang-bincang kesenian yang membahas seputar perkembangan seni yang ada di kota Medan.

Terakhir Digelar Tahun 1991, SMA Budi Mulia Pematangsiantar Gelar Pentas Seni Akbar dengan Meriah

Tidak hanya kegiatan seni tato tapi juga ada kegiatan live mural yang Onggo, seorang grafiti artist. Onggo sendiri menampilkan karya live mural dengan menggambar seekor jerapah.

Onggo memuji adanya kegiatan ini sebagai bentuk pengobat rindu para seniman untuk berkumpul kembali berkarya.

"Ini keren ya, karena masih di masa pandemi akhirnya ada acara kreativitas seperti ini tapi tetap ada SOPnya untuk pakai masker tapi acara tetap jalan. Keren ya karena obati rasa rindu juga. Sering diadakan acara kreatif gini untuk di Medan ya inginnya," pungkas Onggo.(cr13/tri bun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved