Breaking News:

Jelang HUT ke-75 RI, Komunitas Menjaga Pantai Barat Lakukan Kegiatan Susur Pulau Poncan Sibolga

Kegiatan akan berlangsung di Pulau Poncan Gadang, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Minggu hingga Senin, tanggal 16 dan 17 Agustus 2020 mendatang.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/HO
PERSIAPAN perlombaan susur pulau yang diadakan Komunitas Menjaga Pantai Barat atau Komantab menjelang Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia tahun 2020. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) kembali menggelar rangkaian acara memeriahkan HUT RI ke-75 tahun 2020.

Kegiatan akan berlangsung di Pulau Poncan Gadang, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Minggu hingga Senin, tanggal 16 dan 17 Agustus 2020 mendatang. Registrasi untuk peserta kegiatan tersebut terbuka untuk umum.

Ragam kegiatan akan dihelat. Selain 'tradisi' pengibaran bendera dari bawah laut yang sudah digelar selama 3 kali berturut-turut dan diskusi bertema lingkungan serta aksi bersih pantai, tahun ini kegiatan akan diramaikan kegiatan-kegiatan lainnya.

Wakil Sekretaris Komantab, Dian Iradhani Pribadi menuturkan, kegiatan tersebut yakni Susur Pulau, Lomba Foto bertema limbah plastik dan Lomba Permainan Tradisional.

"Tiga kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang kita upgrade dari tahun sebelumnya agar lebih bervariasi," kata Dian dalam keterangan tertulis. 

TRAVEL: Pantai Mangrove Kampung Nipah, Destinasi Wisata yang Dikelola Penduduk Setempat

Dijelaskannya, untuk susur pulau, para peserta akan diajak menjelajahi tepian pantai Pulau Poncan yang selama ini jarang terekspos namun memiliki daya tarik karena keindahan panoramanya.

Untuk lomba foto, lanjut Dian, tema yang diusung terkait limbah plastik. Para peserta akan ditantang berkreasi dalam dunia fotografi.

"Temanya soal limbah plastik, peserta silahkan berkreasi," ucapnya.

Sementara terkait lomba permainan tradisional, Dian menuturkan kegiatan tersebut dipilih untuk menguatkan kembali permainan-permainan rakyat yang selama ini sudah mulai dilupakan.

Disebutkannya, ada 3 jenis permainan tradisional yang direncanakan akan diperlombakan secara berkelompok kepada peserta. Yakni, Permainan Hadang atau di kota Sibolga akrab disebut Gala Hambek dan Gelindingan atau di Sibolga dikenal dengan permainan Ban serta permainan Enggrang.

SEMPAT HILANG Pemancing Tergulung Ombak di Pantai Wediombo, Akhirnya Ditemukan Meninggal Dunia

"Lomba ini disemangati kemitraan bersama Komite Permainan dan Olahraga Tradisional (KPOTI) Sibolga, semangatnya agar karakteristik bangsa kita yang penuh dengan kearifan-kearifan lokal kembali menguat," ujar Dian.

Dian menyebutkan, rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun ini oleh Komantab akan digelar dengan standart pencegahan Covid-19.

Standart tersebut, kata Dian, dengan mewajibkan para peserta dan panitia yang terlibat mengenakan masker dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.

"Harapan kita tentu kegiatan berjalan lancar, sukses dan tentu dengan upaya pencegahan penularan covid-19," ujarnya.(cr14/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved