Breaking News:

HUT Ke-75 RI, PLN UIW Sumut Resmikan Listrik di Tujuh Desa di Nias

Tepat 17 Agustus 2020, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara (Sumut) meresmikan listrik di tujuh desa yang terletak di Nias.

HO
Tepat pada HUT ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara (Sumut) meresmikan listrik di tujuh desa yang terletak di Nias. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Natalin

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Untuk mendukung proses pemerataan listrik pedesaan, PLN terus melakukan pembangunan jaringan di seluruh Indonesia.

Tepat pada HUT Republik Indonesia ke-75 pada 17 Agustus 2020, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara (Sumut) meresmikan listrik di tujuh desa yang terletak di Nias.

Tujuh desa tersebut adalah Desa Fanedanu, Desa Sisiwa Ewali, Desa Lolozukhu, Kecamatan Ulu Idanotae, Desa Na'ai dan Desa Hilisaoto di Kecamatan Siduaori, Desa Sinar Susua, Kec. Somambawa serta Desa Hiliorahua Tasua, Kecamatan Susua.

75 Tahun Indonesia Merdeka tapi Kampung Titi Payung Belum Teraliri Listrik, Ini Tanggapan PLN

TANGGAPAN Bupati Deliserdang, 75 Tahun Indonesia Merdeka, Masih Ada Warga Belum Nikmati Listrik

Infrastrutur kelistrikan di tujuh desa tersebut diresmikan oleh General Manager PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra bersama Bupati Nias Selatan Hilarius Duha di Desa Fanedanu, Kec. Ulu Idanotae, Kab. Nias Selatan.

Untuk melistriki 507 orang pelanggan, PLN membangun 14,649 kMS Jaringan Tegangan Menengah, 14,896 kms Jaringan Tegangan Rendah serta 10 Unit Gardu dengan total 450 kVA.
Dengan peresmian ini, pada Agustus 2020 PLN telah melistriki 6.020 desa di Sumut.

Irwansyah mengatakan bahwa listrik pedesaan merupakan amanat pemerintah melalui Kementerian ESDM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Irwansyah mengapresiasi kinerja Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Sumut yang secara konsisten melaksanakan tugas di tengah Pandemi Covid-19.

"Saya mengucapkan terimkasih atas kerjakeras UP2K Sumut serta pemerintah daerah yang mendukung proses pembangunan listrik pedesaan ini," ujar Irwansyah.

Ke depan, lanjutnya, PLN UIW Sumut melalui UP2K juga akan terus melistriki seluruh kawasan terpencil di Nias Selatan termasuk di pulau-pulau terluar.

"Kita akan berupaya merealisasikan sampai ke pelosok termasuk pulau terluar di tahun 2021 dan 2022 mendatang," ungkapnya.

Setelah pembangunan ini Irwansyah berharap masyarakat turut mendukung PLN dalam menjalankan program pembangunan listrik pedesaan.

"Mari kita jaga bersama, ijinkan petugas memotong pohon yang berada dekat dengan jaringan, gunakan listrik secara sah serta jangan bermain dekat dengan jaringan listrik," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha mengapresiasi kinerja PLN UIW Sumut yang terus berupaya mewujudkan komitmennya dalam melistriki seluruh pelosok Sumut. "Kami sangat bangga dengan apa yang dilakukan PLN," ucapnya.

(nat/tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved