Update Covid19 Sumut 20 Agustus 2020

Masa Pendemi Covid-19, Stok Darah Menipis, Wagub Ijeck Bilang PMI Perlu 'Jemput Bola' Datangi Kantor

"Satu kantor dinas pasti karyawannya lebih dari 50 orang, jadi bisa lebih cepat menambah jumlah stok darah"

Penulis: Satia | Editor: Salomo Tarigan
DOk/T R IBUN-MEDAN.com/Satia
Wagub Sumut Ijeck 

T R I BUN MEDAN.COM, MEDAN-

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah mengatakan, jumlah stok darah di kian hari semakin menipis, terutama sejak masa pendemi Covid-19.  

Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya guna meningkatkan stok darah agar mampu memenuhi kebutuhan darah masyarakat di daerah ini. 

Kondisi ini pula yang membuatnya tergerak untuk mendatangkan mobil Palang Merah Indonesia (PMI) Medan ke Rumah Dinas Wagub, di Jalan Teuku Daud, Kota Medan, Rabu (19/8/2020).

Untuk mengumpulkan darah dari para tamu yang ingin mendonorkan darahnya.

Upaya ‘jemput bola’ ini, menurut Wagub, perlu dilakukan PMI guna meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

"Langkah nyata yang bisa diupayakan untuk meningkatkan persediaan kantong darah adalah dengan melakukan sosialisasi dan menjemput bola, datangi kantor-kantor dinas, kantor kepolisian atau pun kantor swasta. Karena satu kantor dinas pasti karyawannya lebih dari 50 orang, jadi bisa lebih cepat menambah jumlah stok darah," ujar pria yang akrab disapa Ijeck ini. 

Ijeck yang juga merupakan Ketua PMI Medan, mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut melakukan donor darah pada masa pandemi Covid-19.

Semuanya akan baik-baik saja, karena petugas PMI yang akan mengambil darah tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ia juga mengajak seluruh belah pihak, untuk ikut mendonorkan darahnya kepada PMI, selain untuk kesehatan, pendonoran inu juga dapat membantu orang yang membutuhkannya. 

"Stok darah kita menurun selama pandemi ini, karena masyarakat enggan mendonorkan darahnya mungkin karena takut. Padahal donor darah itu penting bagi kesehatan kita. Masalah takut tertular Covid-19, kawan-kawan PMI pasti sudah melakukan sterilisasi sebelum menjalankan tugasnya, dan yang paling penting tetap menggunakan masker dan hand sanitizer saat mendonor darah," kata dia.

 
(Wen/T r ibun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved