Breaking News:

Sambut Hari Literasi Internasional, Pojok Baca Medan Galang Donasi Buku

Kegiatan open donasi yang dilakukan Pojok Baca Medan kali ini merupakan yang pertama kali dilakukan untuk penyaluran buku ke daerah.

TRIBUN MEDAN/HO
KOMUNITAS Pondok Baca Medan saat menerima donasi buku di Museum Perkebunan Indonesia di Jalan Brigjend Katamso, Kecamatan Medan Maimun. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Menyambut Hari Literasi Internasional pada 8 September mendatang, Komunitas Pojok Baca Medan mengadakan donasi pengumpulan buku untuk koleksi perpustakaan di Padang Lawas Utara (Paluta) dan di Taman Baca Wisata Sawah Pematang Johar.

Periode pengumpulan donasi buku ini terbuka hingga 31 Agustus 2020.

Founder Pojok Baca Medan, Cindy Yosita Putri mengatakan, kegiatan open donasi yang dilakukan Pojok Baca Medan kali ini merupakan yang pertama kali dilakukan untuk penyaluran buku ke daerah.

"Jadi dalam rangka menyambut Hari Literasi Internasional sekaligus perayaan satu tahun Komunitas Pojok Baca Medan kita mengadakan donasi buku. Untuk menambah koleksi buku adik-adik di Paluta dan di Taman Wisata Sawah Pematang Johar," ujar Cindy, Senin (24/8/2020).

Bagi pendonasi yang ingin menyalurkan buku-bukunya untuk menambah koleksi perpustakaan Pojok Baca bisa mengantarkannya langsung ke Pojok Baca Medan yang terletak di Jalan Brigjend Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan.

Donasi bisa berupa buku anak-anak ataupun peralatan tulis dan kesehatan seperti masker dan hand sanitizer.

Pendonasian buku ini, terang Cindy diinisiasi atas kepedulian terhadap koleksi jumlah buku yang masih dibutuhkan untuk melengkapi fasilitas rumah baca di Paluta dan di Wisata Sawah. Pojok Baca Medan juga ingin menjaga semangat membaca anak-anak yang ada di Perpustakaan Pojok Baca Medan.

"Kegiatan ini juga dikarenakan masih kurangnya koleksi yang melengkapi fasilitas rumah baca di Paluta dan juga di Taman Baca Wisata Sawah. Kita juga melihat semangat adik-adik yang ingin belajar dan baca buku lebih banyak," tutur Cindy.

Selain mendonasikan buku, terang Cindy, Pojok Baca Medan juga akan melakukan berbagai kegiatan edukasi kreatif antara lain wokrshop secara online, talkshow dan lauching website.

"Selain berdonasi buku kita juga akan melakukan beberapa kegiatan edukasi seperti workshop online dan peresmian website," terangnya.

Pihaknya berharap melalui buku yang didonasikan mereka beberapa minggu ke depan, dapat memperluas wawasan anak-anak yang ada di rumah baca. Oleh karena itu ia sangat mengharapkan partisipasi masyarakat untuk turut mendonasikan buku-buku yang berkualitas.

"Kami berharap donasi buku yang diberikan ini bisa bermanfaat tentunya buat adik adik dan pembaca buku di Taman baca. Mungkin selama ini mereka belum mengonsumsi buku buku yang variatif jenisnya tidak seperti pembaca-pembaca di kota besar seperti Medan yang pastinya sudah banyak mengonsumsi buku buku terbaru, nah maka dari itu dengan berbagi buku terbaik dari pembaca-pembaca kota besar insyaallah menjadi bentuk berbagi ilmu dan manfaat yang sama ke adik-adik yang ada di Taman baca," pungkasnya.

Beberapa persyaratan buku yang diterima untuk didonasikan di Pojok Baca yakni tidak mengandung Sara dan pornografi, novel, biografi, buku bekas yang masih layak baca, permainan edukatif, serta alat tulis berupa buku tulis, buku gambar, pensil, dan meja belajar lipat.

Untuk donasi uang bisa ditransfer melalui rekening BNI 0304121737 atas nama Cindy Yosita Putri atau melalui DANA/OVO 08116515181. (cr14/tri bun-medan.com)

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved