Breaking News:

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Akan Eksekusi 28 Rumah, Warga Sigapiton: Kami Akan Bertahan

Sejumlah kelompok warga masih tetap menempati bangunan rumah-rumah di sepanjang jalan menuju masuk The Kaldera Sibisa, Kabupaten Toba

TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Tokoh masyarakat adat Motung dan Sibisa selaku pemilik lahan yang telah menyetujui pembangunan di Kaldera. 

TRIBUN-MEDAN.COM, TOBA - Sejumlah kelompok warga masih tetap menempati bangunan rumah-rumah di sepanjang jalan menuju masuk The Kaldera Sibisa, Kabupaten Toba, Kamis (27/8/2020).

Salah satu tokoh masyarakat Sigapiton, Togi Mangatas Butarbutar mengaku akan tetap bertahan meski Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) mengeksekusi 28 unit rumah tersebut.

"Kami akan tetap bertahan," ujar Togi Butarbutar.

Sehari sebelumnya, tatap muka antar tokoh-tokoh adat oleh BPODT berlangsung di Kaldera Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumut, Rabu (26/8/2020) membahas jalan tengah konflik warga Sigapiton dengan BPODT.

Dalam tatap muka tersebut tokoh-tokoh warga Baik Sigapiton, Sibisa maupun Motung membahas bersama rencana pembangunan ke depan.

Dari hasil pertemuan tersebut, BPODT akan tetap melakukan pembersihan terhadap 28 rumah/bangunan yang masih berdiri di lahan milik negara yang sudah diserahkan ke BPODT.

Upaya memberi biaya pembersihan kepada pemilik rumah disampaikan BPODT dalam pertemuan dengan warga disaksikan oleh Pemkab Toba, Kepolisian, TNI dan pihak Pengadilan Negeri Balige.

Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik BPODT Bambang Cahyo Murdoko, dalam pertemuan yang dilakukan di The Kaldera, Rabu (26/8/2020) menawarkan biaya pihak pembersihan sebesar Rp 5 juta untuk rumah nonpermanen dan Rp 20 juta untuk rumah permanen.

Namun, tawaran itu ditolak warga pemilik rumah yang diklaim BPODT tak berizin.

“Tentu kami sangat menyesalkan. Kami sudah punya itikad baik menyelesaikan masalah ini,” kata Bambang.

Halaman
123
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved