Breaking News:

Minimalisir Sampah Kota, Roda Hijau Jemput Sampah dan Ajak Warga Medan Pilah Sampah Sejak Dini

Nona Khairunnisa selaku public relation di Roda Hijau mengungkapkan, kegiatan jemput sampah ini sebagai bentuk kontribusi dalam pengelolaan sampah.

TRIBUN MEDAN/HO
TIM Roda Hijau melakukan penjemputan sampah daur ulang dari warga Medan. 

Tri bun-Medan.com, Medan - Sampah saat ini masih terus menjadi permasalahan masyarakat perkotaan.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Roda Hijau mengusung untuk membuat kegiatan Jemput Pilahan Daur Ulang, Sabtu (5/9/2020).

Nona Khairunnisa selaku public relation di Roda Hijau mengungkapkan, kegiatan jemput sampah ini sebagai bentuk kontribusi dalam pengelolaan sampah berkelanjutan.

"Sistem pengelolaan sampah yang masih berujung di TPA membatasi pemanfaatan sampah jenis daur ulang. Menjawab keluhan dari masyarakat mengenai sampah terpilah dibawa kemana, maka Roda Hijau menyediakan layanan ini. Budaya memilah harus dimulai dari sekarang," ungkap Nona.

Kegiatan berjalan dengan lancar. Dalam program Jemput Sampah Daur Ulang ini memiliki rute angkut mulai dari Jalan S. Parman, Jalan Imam Bonjol, Jalan Juanda, Jalan Sutrisno, dan berakhir di Jalan Bromo.

BREAKING NEWS: Pabrik Daur Ulang Ban Tanjung Morawa Terbakar, Petugas Damkar Berjibaku

Roda Hijau sendiri sebelumnya sudah mengumumkan kepada pengikutnya di sosial media untuk segera mengumpulkan sampah yang berpotensi dapat di daur ulang.

"Kami akan susunkan apakah dapat mengangkut atau tidak berdasarkan jumlah dan titik lokasi. Untuk saat ini kami masih dapat menyesuaikan sesuai kapasitas dan efisiensi operasional. Seperti, apabila ada yang daur ulang hanya beberapa kg namun ada di rute dan muat, kami akan angkut," ujarnya.

Nona menegaskan bahwa syarat jemput sampah ini adalah warga yang sudah memilah sampahnya lantaran sampah yang akan diangkut merupakan sampah yang dapat didaur ulang dan berdomisili di tempat yang sudah ditentukan titik penjemputan.

Pengangkutan sampah ini tidak akan dibiarkan begitu saja. Nona menjelaskan bahwa sampah ini nantinya akan dilakukan penyortiran kembali.

DKP Kota Medan dan PT NSESOLUSI Tandatangani Nota Kesepahaman Proses Daur Ulang Sampah

"Daur ulang akan kami kelola dengan disortir lebih spesifik lagi oleh mitra kelompok masyarakat, dan kemudian hasilnya dijual. Keuntungan digunakan untuk kegiatan Roda Hijau, salah satunya ya biaya operasional pengangkutan sampah gratis ini," kata Nona.

Melalui program ini, Nona berharap agar warga dapat terbiasa untuk melakukan pengelolaan sampah agar tidak ada lagi penumpukan sampah yaitu dimulai dari pemilahan sampah dari rumah.

"Harapannya pengelolaan sampah kota Medan dapat berkelanjutan dan berbasis masyarakat, sesuai visi kami. Kami sangat mengidamkan kota Medan bersih dan asri, dan masyarakat yang bahu membahu dalam mewujudkannya. Setiap orang mulai dengan memilah di rumah karena itu adalah kunci keberhasilan dari pengelolaan sampah," pungkas Nona.(cr13/tri bun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved