Breaking News:

Balon Wali Kota Lisa Andriani Lubis Positif Covid-19, Pejabat Pemko dan Ratusan Orang Swab Bertahap

Ratusan orang yang melakukan kontak dan interaksi dengan bakal calon Wali Kota Binjai, Lisa Andriani Lubis akan dilakukan swab test massal bertahap.

Tribun-Medan.com/Dedy Kurniawan
Pasangan Lisa-Sapta saat mendaftar sebagai Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai di kantor KPU Binjai, Jumat (4/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - Ratusan orang yang melakukan kontak dan interaksi dengan bakal calon Wali Kota Binjai, Lisa Andriani Lubis akan dilakukan swab test bertahap.

Hal ini disampaikan langsung Tim Gugus Covid-19 Binjai sekaligus Plt Kadis Kesehatan dr Sugianto, setelah Lisa dinyatakan positif terpapar Covid-19 ketika mendaftar ke KPU Binjai.

"Hari ini kami 48 orang swab tes, besok (Selasa) juga 50-an kami data akan dilakukan swab. Nanti Rabu dan Kamis akan ada swab tes 200-an lebih, karena ada bantuan swab test dari provinsi juga," kata dr Sugianto, Senin (7/9/2020).

Dijelaskan dr Sugianto, bahwa orang-orang yang kontak erat dengan Lisa selama ini dari kalangan pejabat Pemko Binjai, PNS Pemko Binjai, tim parpol pemenangan, dan relawan pengusung.

Bahkan sejumlah Kepala Dinas pemerintahan wajib swab karena sering terlibat dalam setiap kegiatan Lisa, yang juga menjabat Ketua PKK Pemko Binjai.

"Semua itu akan di-swab test, intinya yang kontak erat judulnya, termasuk pejabat kadis dan PNS Pemko Binjai, dan kontak erat pada saat itu (pendaftaran balon Wali Kota Binjai ke KPU)," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sama sekali baru dapat kabar hasil swab Lisa Andriani Lubis bersamaan dengan jadwal pendaftaran pada Jumat (4/9/2020) sore.

Lisa Andriani Lubis sendiri saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

"Kami tahunya Jumat sore dari provinsi hasil swab testnya. Kantor KPU sudah disterilkan dengan disinfektan. Rabu petugas KPU dan Bawaslu semua akan di-swab test," katanya.

"Ibu isolasi mandiri karena tidak bergejala, atau gejala ringan. Ibu isolasi mandiri di rumah dinas karena nongejala. Kalau sudah batuk atau sesak nafas baru ke rumah sakit Covid-19 rujukan sesuai protokol kesehatan," jelasnya.

Wali Kota Binjai HM Idaham, suami Lisa, sudah melakukan tes swab mandiri.

Disebutkan bahwa Lisa dan Idaham tidak tinggal serumah dalam masa isolasi.

"Pak Wali di Medan, ibu di rumah dinas (di Binjai) kami sudah lihat tempat isolasi Ibu. Pak Wali sudah swab tes mandiri tinggal menunggu hasil," pungkasnya.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved