News Video

HIMPSI Ungkap Ada 110 Bakal Calon dari 19 Kabupaten/Kota Tes Psikologi, Lihat Siapa yang Bakal Lolos

Sebanyak 110 Bakal Calon Kepala Daerah dari 19 Kabupaten/Kota di Sumut mengikuti tahapan Tes Psikologi di Santika Dyandra Hotel, Selasa (8/9/2020).

Penulis: Liska Rahayu | Editor: M.Andimaz Kahfi

HIMPSI Ungkap Ada 110 Bakal Calon dari 19 Kabupaten/Kota Tes Psikologi, Lihat Siapa yang Bakal Lolos

TRI BUN-MEDAN.Com, MEDAN - Sebanyak 110 Bakal Calon Kepala Daerah dari 19 Kabupaten/Kota di Sumut mengikuti tahapan Tes Psikologi di Santika Dyandra Hotel, Selasa (8/9/2020).

Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Sumut, Ilmiah mengatakan 110 peserta tersebut menjalani tes pemeriksaan kesehatan rohani mulai pukul 08.30 WIB.

"Hari ini mulai jam 08.30 WIB pagi tadi sudah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan rohani yang diawali dengan tes tertulis.

Setelah itu nanti kita akan lakukan depth interview untuk seluruh peserta," katanya.

Tes kesehatan rohani diikuti sebanyak 19 daerah, sedangkan 4 daerah lainnya belum diikutsertakan lantaran bakal pasangan calon tunggal di daerahnya.

Adapun empat daerah itu antara lain adalah Kota Gunung Sitoli, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

"Karena hanya satu Paslon yang mendaftar, menurut keputusan KPU, itu tidak boleh dilakukan tes sampai dilakukan tahapan-tahapan yang harus dilakukan KPU.

Misalnya menunggu beberapa hari dulu disosialisasikan, kalau memang tidak ada yang daftar, baru boleh dilakukan tes," jelasnya.

Selain itu, ada pula bakal calon yang tidak diperbolehkan mengikuti tes lantaran positif Covid-19.

"Setelah selesai isolasi mandiri dan diperiksa lagi negatif, maka kita ikutsertakan di dalam tes kesehatan rohani berikutnya," katanya.

Ilmiah menjelaskan, ada tiga unsur penilai kesehatan bakal calon, yaitu rohani dari HIMPSI, jasmani dari IDI dan bebas narkotika dari BNN.

"Jadi nanti tiga unsur ini setelah masing-masing melakukan pemeriksaan, akan dilakukan diskusi secara pleno untuk menetapkan apakah yang bersangkutan memenuhi syarat," ujarnya.

Jika salah satu syarat tidak terpenuhi, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved