Breaking News:

Ruas Pakkat-Barus Berbahaya Dilintasi, BPPD dan Polisi Imbau Pengendara Berhati-hati

Kepolisian dan BPBD Humbahas mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati melintasi ruas jalan yang menghubungkan Pakkat dengan Barus.

TRIBUN MEDAN / ist
Longsor terjadi di Desa Ambobi Paranginan, Kecamatan Pakat, Kabupaten Humbahas, pada Selasa (1/9/2020). 

TRIBUN-MEDAN.COM, HUMBAHAS - Kepolisian dan BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati melintasi ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Pakkat dengan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah.

Ruas jalan lintas kabupaten tersebut, kini dalam kondisi rawan longsor pascaguyuran hujan deras beberapa waktu terakhir.

Tercatat dalam rentang 10 hari terakhir sudah terjadi tiga kali longsor di titik yang sama di ruas Jalan Pakkat-Barus ini.

Pertama sekali longsor terjadi pada 1 September, lalu tanggal 6, kemudian 9 September 2020.

Akibatnya, arus lalu lintas terganggu dan ruas jalan pun akhirnya ditutup karena dinilai membahayakan kendaraan yang melintas menuju Pakkat maupun Barus.

"Longsor terjadi hingga tiga kali pada titik yang sama," ujar Kalak BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Tumbur Hutagaol.

Akibat tanah longsor, salah satu ruas jalan yakni Jalan Pakkat (Humbahas)-Barus (Tapteng) tertimbun. Hingga akhirnya BPBD berinisiatif menutup sementara.

Dalam rentang waktu 10 hari ini, kata Paur Subbag Humas Polres Humbahas Bripka SB Lolo Bako, jalan penghubung antara Humbahas dengan Tapteng kembali longsor, yakni di titik jalan Langitan Desa Ambobi Paranginan Kecamatan Pakkat, Humbahas.

Longsor terjadi pada hari Rabu (9/9/2020) sekira pukul 18.41 WIB.

Saat ini kendaraan hanya dapat dilalui jenis kendaraan roda dua.

Sedangkan kendaraan roda empat dan truk tidak bisa lagi melintas karena badan jalan sebagian besar telah tertutupi material longsor hingga setinggi 2 meter.

"Seluruh lapisan masyarakat yang ingin lintas ke daerah tersebut agar selalu berhati hati," sebut Bripka Lolo Bako.

(Jun/tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved