Breaking News:

Riuh Pilkada di Sumut

Ketua Bawaslu Binjai: Bacalon Juliadi-Amir Dilaporkan Dugaan Kampanye dan Pakai Fasilitas Negara

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, Arie Nurwanto membenarkan adanya laporan terhadap Bapaslon Juliadi-Amir.

Tribun-Medan.com/Dedy Kurniawan
Ketua Bawaslu Binjai Arie Nurwanto 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, Arie Nurwanto membenarkan adanya laporan terhadap satu dari tiga Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai. Terlapor yakni Bapaslon Juliadi-Amir.

"Ya, pasangan Juliadi-Amir dilaporkan ke kantor kami semalam, oleh Pemuda LIRA. Dugaannya pelanggaran curi start kampanye dan memakai fasilitas negara yakni pada kegiatan reses anggota dewan," katanya, Jumat (11/9/2020) petang.

Dijelaskan Arie Nurwanto, pihak Pemuda LIRA mengantar surat laporan dugaan pelanggaran, beserta sejumlah bukti-bukti.

Di antaranya bukti berupa foto-foto kegiatan reses yang diikuti Bacalon Juliadi-Amir di reses DPRD Sumut di Kota Binjai.

Ke depan, Arie Nurwanto mengimbau agar masyarakat atau peserta pemilu yang hendak melapor dugaan pelanggaran pemilu agar lebih dahulu berkoordinasi dengan Bawaslu. Agar lebih efektif, dan memudahkan pelapor.

"Ke depan perlu juga disampaikan ke masyarakat agar melapor lebih efektif, dengan koordinasi dan melalui formulir laporan yang sudah disediakan. Jadi lebih mudah dengan formulir, jadi tidak berulang-ulang surat-surat," pungkasnya.

Juliadi-Amir dilaporkan ke Bawaslu buntut dari hadir dan mengikuti reses anggota DPRD Sumut dari Partai Golkar daerah pemilihan (Dapil) 12 Binjai-Langkat, Zainuddin Purba.

Dalam reses ini diduga melanggar aturan kampanye menyampaikan visi-misi dan membagi-bagikan sembako.

Pemuda LIRA Binjai menilai tindakan Juliadi-Amir mengikuti reses anggota DPRD Sumut yang notabene memakai uang negara sangat tidak pantas.

Pemuda LIRA mengaku punya bukti dugaan pelanggaran kehadiran Juliadi-Amir yang memakai forum reses untuk kampanye menyampaikan progaram visi dan misi.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved