Breaking News:

Hasil Pleno KPU Binjai, DPS Berjumlah 178.609, Pemilih Perempuan Lebih Banyak

Komisi Pemilihan Umum Kota Binjai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara

HO
Kegiatan pendataan dan pencocokan data pemilih yang dilakukan KPU Binjai ke masyarakat. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Komisi Pemilihan Umum Kota Binjai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Pleno digelar di Graha Kardopa Hotel Kota Binjai, Jalan Sultan Hasanuddin, Minggu (13/9/2020).

Komisioner KPU Binjai Divisi SDM dan Parmas, Robby Effendi menyampaikan, KPU sudah melakukan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan penetapan Daftar Pemilih Sementara  dengan jumlah 178.609.

Diketahui jumlah pemilih perempuan lebih tinggi di Kota Binjai.

"Rincian DPS laki-laki berjumlah 86.629 pemilih, sedangkan perempuan berjumlah 91.980) pemilih, pemilih yang tersebar di lima Kecamatan, tiga puluh tujuh (37) Kelurahan," jelasnya

Sementara, jumlah pemilih Kota Binjai tersebar di 473 TPS. Namun angka DPS bisa saja bertambah mengingat masih bersifat sementara, belum final menjadi Daftar Pemilih Tetap.

Selanjutnya hasil pleno ini akan disampaikan kr KPU Provinsi Sumatera Utara, Bawaslu Kota Binjai, dan perwakilan partai politik Kota Binjai, perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan kependudukan dan catatan sipil setempat.

Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi mengatakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara di tingkat Kota Binjai dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 berdasarkan ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Rapat pleno ini juga berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non-alam Corona Virus Disease 2019," katanya.

Dalam pleno Ketua Bawaslu Kota Binjai memberikan rekomendasi tentang jumlah pemilih di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Binjai berjumlah 545 orang.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved