Breaking News:

Bahaya Membuang Minyak Jelantah ke Saluran Pembuangan

Biasanya limbah yang berubah ini menjadi warna kuning kecoklatan, bahkan hitam. Hal inilah yang membuat lingkungan menjadi kurang indah.

KLIKDOKTER.COM
Kanker & Minyak Goreng Bekas, Pemicu Kanker dan 8 Makanan Patut Anda Hindari, Kopi Panas? 

TRIBUN-MEDAN.com - Setelah selesai memasak dengan minyak goreng, biasanya minyak yang sudah digunakan akan dibuang atau disisihkan untuk dipakai kembali.

Namun, jika minyak yang telah digunakan itu telah dipakai berkali-kali dan berwarna agak kehitaman, maka penggunaan minyak tersebut sudah tidak bisa dipakai untuk menggoreng lagi.

Mungkin beberapa rumah tangga akan membuang minyak jelantah ini di saluran pembuangan air.

Tetapi ternyata membuang minyak jelantah pada saluran pembuangan disebut-sebut bisa berdampak buruk bagi lingkungan. 

Dilansir dari akun Instagram resmi Waste4Change, @waste4change mengungkapkan bahwa minyak jelantah sebaiknya tidak dibuang sembarangan ke saluran air.

Waste4Change adalah perusahaan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. 

Apa dampak membuang jelantah ke saluran pembuangan?

Ahli toksikologi kimia dari Universitas Indonesia (UI), Budiawan mengungkapkan bahwa minyak goreng bekas pakai sebaiknya diperlakukan sebagai limbah dan tidak boleh dibuang sembarangan.

" Minyak goreng bekas pakai (jelantah) sepatutnya diperlakukan sebagai limbah dan tidak boleh dibuang sembarang (selokan), karena akan menghasilkan bau tidak sedap/tidak sehat," ujar Budiawan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Menurut Budiawan, bau tidak sedap ini kemungkinan berasal dari terurainya minyak jelantah menjadi senyawa kimia lain yang menjadi penyebab bau dan yang membuat perubahan warna.

Biasanya limbah yang berubah ini menjadi warna kuning kecoklatan, bahkan hitam. Hal inilah yang membuat lingkungan menjadi kurang indah.
Halaman
123
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved